ADVERTISEMENT

Istri Cerita soal Awal Kenal hingga Momen-momen Terakhir Tjahjo Kumolo

Karin Nur Secha - detikNews
Sabtu, 02 Jul 2022 08:15 WIB
Istri Tjahjo Kumolo, Erni Guntatri.
Istri Tjahjo Kumolo, Erni Guntatri. (Karin/detikcom)
Jakarta -

Istri dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo, Erni Guntatri, mengenang sang suami ketika masih hidup. Erni mengingat bahwa setiap apapun pekerjaan yang dilakukannya selalu didukung oleh Tjahjo.

"Bapak sih selalu mendukung apapun yang saya kerjakan, karena saat saya kerja, apa yang saya kerjakan selalu didukung. Sebagai dokter waktu itu di klinik DPR, bapak nggak pernah melarang saya yang saya kerjakan. Jadi nggak harus di rumah," ujar Erni kepada wartawan, Jumat (1/7/2022).

Erni cerita awal mula mengenal suaminya sejak masa SMP. Erni dan Tjahjo duduk di bangku sekolah SMP dan SMA, bahkan kuliah bersama-sama.

"Sudah dekat sekali, sudah lama kenal, pokoknya ketika itu ya hidup apa adanya," kata Erni.

Sebelum Tjahjo meninggal, Erni cerita bahwa suaminya kerap mendengarkan lantunan ayat suci saat tidur. Menurutnya, kegiatan itu merupakan hal baru yang dilakukan Tjahjo dalam sebulan terakhir.

"Kebiasaan baru bapak maksud saya. Kalau bangun tahajud dan mendengarkan alunan ayat suci sampe pagi. Itu terakhir yang saya ingat," ucap Erni.

Tjahjo Kumolo wafat pada Jumat (1/7) pukul 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo. Tjahjo sempat dibawa ke rumah duka di Kompleks Widya Chandra.

Sejumlah pejabat, di antaranya Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, melayat ke rumah duka. Selepas dari rumah duka, jenazah Tjahjo Kumolo dibawa ke Masjid Quba, KemenPAN-RB, Jakarta, untuk disalatkan.

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin hingga Menko Polhukam Mahfud Md turut hadir di lokasi untuk menyalatkan jenazah Tjahjo. Jenazah Tjahjo Kumolo kemudian dimakankan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, secara upacara militer.

Simak Video 'Istri Tjahjo: Saya Ingat Bapak Ingin Meninggal Dalam Tugas':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/idh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT