ADVERTISEMENT

PPP Puji Langkah Diplomasi Jokowi Temui Presiden Ukraina dan Rusia

Hanifa Widyas - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 19:28 WIB
Waketum PPP Arwani Thomafi
Foto: Tsarina Maharani-detikcom
Jakarta -

Sekjen DPP PP Arwani Thomafi apresiasi diplomasi Presiden Jokowi. Jokowi diketahui menemui dua pimpinan negara yang tengah berseteru, yakni Presiden Ukraina dan Presiden Rusia. Menurut Arwani, politik bebas aktif sebagaimana perintah UUD 1945 secara konkret juga dipasarkan oleh Jokowi.

Menurut Arwani, langkah Jokowi mengadakan pertemuan secara maraton dengan dua pimpinan negara yang sedang berseteru, yakni Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Presiden Rusia Vladimir Putin merupakan bentuk kepiawaian diplomasi Jokowi.

"Presiden Jokowi telah menunjukkan kelasnya sebagai salah satu pemimpin dunia yang piawai dalam melakukan diplomasi luar negeri. Tentu tidak mudah menjalankan misi ini. Tapi Indonesia melalui Presiden Jokowi telah menunjukkan kelasnya," ujar Arwani dalam keterangan tertulis, Jumat (1/7/2022).

Menurutnya, langkah yang diambil Presiden Jokowi semata-mata dalam rangka menjalankan perintah UUD 1945 untuk turut serta mengambil bagian dalam mewujudkan ketertiban dunia.

"Presiden Jokowi mewujudkan UUD 1945 menjadi operasional di pentas internasional dengan mengambil bagian dalam mewujudkan ketertiban dunia," tegas Arwani.

Lebih dari itu, sikap tegas mengenai politik bebas aktif juga ditunjukkan oleh Indonesia mengingat posisinya yang berada di antara kedua negara yang sedang berseteru. Politik bebas aktif sendiri merupakan garis politik Indonesia di pentas dunia.

"Sikap Indonesia yang berada di tengah menunjukkan sikap politik bebas aktif. Presiden telah menunjukkan moderasi dalam berdiplomasi. Inilah karakteristrik diplomasi khas Indonesia," tandas Arwani.

Lihat juga video 'Membandingkan Gaya Jokowi saat Bertemu Zelensky dan Putin':

[Gambas:Video 20detik]



(fhs/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT