ADVERTISEMENT

Sahroni: Terbukti Secara Empiris, Kinerja Polri Jauh Meningkat

Gibran Maulana - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 18:34 WIB
Ahmad Sahroni didampingi pengacaranya, Arman Hanis memberikan pernyataan soal pelaporan kepada Adam Deni di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022).
Ahmad Sahroni (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

HUT Bhayangkara ke-76 jatuh pada hari ini, 1 Juli 2022. Sebagai bentuk perayaan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan sejumlah catatan kinerja cemerlang Polri selama ini. Adapun pencapaiannya meliputi penurunan angka kejahatan, aksi teror yang menurun, dan peningkatan penyelesaian kasus dengan restorative justice yang mencapai 6,1 persen.

Berbagai pencapaian ini kemudian mendapat penghargaan dari mitra kepolisian di DPR, Wakil Ketua Komisi III asal Fraksi Partai NasDem Ahmad Sahroni. Sahroni menyebut berbagai pencapaian ini menunjukkan komitmen kepolisian yang tak main-main dalam mewujudkan Polri Presisi.

"Sebelumnya, saya ingin mengucapkan selamat Hari Bhayangkara kepada lembaga Polri. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin menyampaikan selamat atas prestasi Polri dalam beberapa tahun terakhir yang sangat konkret dan terbukti secara empiris. Menakhodai lembaga negara sebesar Polri, apalagi di tengah-tengah pandemi COVID-19 tentunya bukan hal yang mudah, dan Pak Kapolri Listyo Sigit telah membuktikan bahwa beliau tidak hanya mampu, namun sangat cemerlang dalam memimpin lembaga Bhayangkara tersebut," ujar Sahroni dalam keterangannya, Jumat (1/7/2022).

Sahroni juga menyebut prinsip Polri Presisi, yang merupakan singkatan dari prediktif, responsibilitas, transparansi, tidak hanya merupakan slogan semata, namun telah benar-benar dipraktikkan dalam penugasan sehari-hari di kepolisian.

"Visi Presisi bukan hanya slogan, namun betul-betul menjadi sumber nilai utama kepolisian Indonesia. Semua itu terlihat melalui pencapaian polisi terkait penurunan angka kejahatan, mengoptimalkan restorative justice, meningkatkan peran Polwan, hingga kontribusi Polri yang luar biasa selama pandemi COVID-19 berlangsung," sambungnya.


Terakhir, Sahroni menilai, meski masih banyak catatan, sikap kepolisian selama ini yang tidak antikritik dan terbuka terhadap masukan membuat kepolisian akan tetap menjadi instansi terdepan yang melayani dan mengayomi masyarakat.

"Tidak bisa dimungkiri, memang masih banyak catatan atas kinerja kepolisian. Namun saya sangat optimistis, dengan sikap kepolisian saat ini yang sangat terbuka dan tidak antikritik, kepolisian akan tetap menjadi garda terdepan dalam melayani dan mengayomi masyarakat," ujar Sahroni.

Lihat juga video 'Kasus Adam Deni Disebut Ajang Nyalon DKI 1, Ini Kata Ahmad Sahroni':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT