ADVERTISEMENT

HUT Bhayangkara Ke-76, Komisi Hukum DPR RI Puji Kinerja Polri

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 14:19 WIB
Jenderal Listyo Sigit sudah menyiapkan solusi agar ujung kontroversi tersebut sesuai harapan publik.
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di DPR RI (dok. Polri)
Jakarta -

HUT Bhayangkara ke-76 jatuh pada hari ini 1 Juli 2022. Polri menuai banyak pujian dari Komisi III DPR RI atas pencapaiannya selama setahun ke belakang.

Pujian pertama datang dari anggota DPR RI Komisi III Cucun Ahmad Syamsurijal menilai Polri di bawah kepemimpinan Jenderal Listyo Sigit Prabowo banyak melakukan terobosan. Dia berharap Polri dapat semakin ke depannya.

"Harus diakui banyak terobosan yang dilakukan jajaran Polri hingga hari ini. Kami sangat mengapresiasi tersebut dan terus mendorong soliditas internal Korps Bhayangkara dalam meningkatkan akselerasi menuju Polisi Presisi," ujar Cucun dalam keterangannya, Jumat (1/7/2022).

Beberapa terobosan yang disorot Cucun ialah langkah restorative justice yang kerap diambil Polri. Selain itu, penerapan e-tilang dalam penegakan aturan berlalu lintas.

"Konsep restorative justice yang membantu para pihak untuk menyelesaikan persoalan hukum di luar pengadilan, penerapan e-tilang yang membuat pelanggaran lalu lintas diselesaikan secara transparan, hingga penegakan disiplin anggota yang membuat institusi Polri kian dipercaya publik," ucapnya.

Cucun mengungkapkan Polri aktif bekerja sama dengan tokoh masyarakat seperti para kiai. Polri disebut Cucun juga ikut berpartisipasi dalam mempercepat herd immunity dengan menggelar banyak vaksinasi.

"Polri aktif menggandeng kiai, tokoh masyarakat, maupun pesantren untuk terus-menerus menyampaikan manfaat vaksin sekaligus menginisiasi kegiatan vaksinasi bersama yang mempercepat proses pembentukan kekebalan kelompok (herd immunity)," papar Cucun.

Sementara itu, Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid memberikan aplaus untuk kinerja Polri semasa kepemimpinan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Dia berpandangan Polri sejauh ini efektif menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Salut! Di bawah kepemimpinan Jenderal polisi Listyo Sigit Prabowo Presisi Polri berjalan efektif menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. kami tetap berharap optimalisasi Presisi Polri dapat yang menjaga iklim ekonomi dan investasi yang aman, kondusif, dan meningkat," jelas Arsul.

Lebih lanjut, anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani juga menilai Polri berhasil menyeimbangkan tugas-tugasnya. Di mana Polri mampu tegas menjaga keamanan nasional serta menghormati HAM.

"Polisi yang meletakkan keseimbangan dalam tugas-tugas penjagaan Kamtibmas dan penegakan hukum antara ketegasan dan kemanusiaan, antara pendekatan keamanan nasional dengan penghormatan terhadap HAM," tuturnya.

Simak video 'Pesan Mahfud Md di HUT Bhayangkara ke-76: Semakin Profesional!':

[Gambas:Video 20detik]



(rak/maa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT