Pesan Benny Mamoto untuk Peraih Hoegeng Awards Kategori Berintegritas

ADVERTISEMENT

Pesan Benny Mamoto untuk Peraih Hoegeng Awards Kategori Berintegritas

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 18:11 WIB
Hoegeng Awards 2022 (Tangkapan layar YouTube)
Ketua Harian Kompolnas Irjen (Purn) Benny Mamoto (Tangkapan layar YouTube)
Jakarta -

Ketua Harian Kompolnas Irjen (Purn) Benny Mamoto selaku Dewan Pakar Hoegeng Awards 2022 menyampaikan pesannya kepada peraih Hoegeng Awards. Benny meminta agar penerima Hoegeng Awards tidak merasa stres setelah menerima penghargaan.

"Jadi sekali lagi, tidak perlu khawatir, ketika nanti terpilih, kemudian berpikir bahwa, kemudian stres. Jangan. Nanti kami ikut berdosa karena stres nanti," kelakar Benny sebelum membacakan Hoegeng Awards kategori Polisi Berintegritas yang diterima oleh Brigjen Eko Rudi Sudarto, di The Tribrata Darmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022).

Benny mengungkapkan, mulanya ada kandidat yang menolak dinominasikan di dalam Hoegeng Awards. Mereka, kata dia, merasa belum layak menerima penghargaan itu.

"Kemudian muncul masalah. Mulai ada pertanyaan 'mungkinkah ada sosok yang sama dengan Pak Hoegeng?'. Lalu saya jawab 'tidak ada'. Pak Hoegeng, satu sosok ideal itu hanya satu. Nah, kami perlu memberikan penguatan kepada para calon yang notabene sempat ada yang menolak 'wah, saya tidak layak'," ungkap Benny.

Benny pun mengaku kemudian memberi penjelasan kepada para calon penerima Hoegeng Awards. Dia mengatakan mereka yang menjadi kandidat adalah orang-orang yang menapaki tangga keteladanan almarhum Jenderal (Purn) Hoegeng Iman Santoso.

"Nah, ini kami perlu jelaskan kepada yang bersangkutan bahwa kami bukan mencari sosok yang sama persis dengan Pak Hoegeng. Tetapi ibaratnya tangga, kemudian di puncaknya adalah sosok Pak Hoegeng, sosok ideal. Maka individu-individu atau personel yang menapaki tangga dengan idealisme dan integritas, dengan prestasi maupun dedikasinya mendekati itulah yang kami cari. Sehingga bagi mereka yang tangga naiknya sudah kita nilai paling tinggi dibanding yang lain itulah yang kami pilih," tutur dia.

Lebih lanjut, Benny mengapresiasi digelarnya Hoegeng Awards. Menurutnya, acara ini bisa mendorong kemunculan sosok-sosok polisi yang berupaya menapaki jejak Jenderal Hoegeng.

"Ketika acara ini tiap tahun diadakan, saya yakin akan semakin banyak figur yang akan terus berusaha, terus berupaya untuk bagaimana belajar dari sosok Pak Hoegeng," kata Benny.

Acara Hoegeng Awards 2022 telah mengumumkan tiga sosok polisi teladan. Berikut daftarnya:

Polisi Berdedikasi

- Kanit Binmas Polsek Muara Gembong Aipda Rohimah

Polisi Inovatif

- Wakapolda Papua Brigjen Eko Rudi Sudarto

Polisi Berintegritas

- Kapolda Gorontalo Irjen Akhmad Wiyagus


*) Acara ini adalah persembahan detikcom bekerja sama dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan didukung oleh R17 Group.

Lihat juga video 'Kapolri Tegaskan Tak Antikritik, Masyarakat Bebas Mengkritik':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT