ADVERTISEMENT

Elite PDIP Sebut Tjahjo Kumolo Jatuh Sakit gegara Keletihan

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 15:50 WIB
Anggota DPR Partai PDI Perjuangan
Hendrawan Supratikno (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia. Elite PDIP Hendrawan Supratikno menyebut Tjahjo Kumolo jatuh sakit karena keletihan setelah melakukan perjalanan dinas dari luar negeri.

"Sebelumnya, kita dengar mengadakan perjalanan jauh ke luar negeri, balik dari Georgia," ujar Hendrawan Supratikno saat dihubungi, Jumat (1/7/2022).

Hendrawan menuturkan perjalanan itu membuat Tjahjo mengalami kelelahan. Tjahjo Kumolo, kata dia, juga diduga mengidap penyakit diabetes dan infeksi paru-paru.

"Faktor utama ya kelelahan dan keletihan. Komplikasi, ada infeksi paru-paru, gula," papar Hendrawan.

Lebih lanjut, anggota Komisi XI DPR ini menyebut Tjahjo Kumolo sudah menderita penyakit itu sebelum berangkat ke luar negeri. Penyakit itu, disebut Hendra, bertambah parah sepulang Tjahjo dari luar negeri.

"Kalau orang sedang sakit, sejumlah organ tidak berfungsi dengan baik, akhirnya komplikasi berat. Yang saya dengar demikian (bertambah parah)," ucap Hendra.

Sewaktu Tjahjo masih dirawat di rumah sakit, Hendra sempat datang menjenguk. Dia mengatakan Tjahjo mendapat perawatan yang sangat intensif.

"Ya cuma bisa lihat dari kaca saja. Karena memang kondisinya, kami mendapatkan foto yang beredar sangat terbatas, yang menunjukkan bahwa memang tidak boleh diganggu karena mesin-mesin yang digunakan itu sangat sensitif," tuturnya.

Seperti diketahui, MenPAN-RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia hari ini. Jenazah Tjahjo Kumolo akan disalatkan di KemenPAN-RB, Senayan, Jakarta.

"Habis ini mau disemayamkan dulu di rumah dinas, baru dimandikan, kemudian akan disalatkan di masjid kantor MenPAN-RB," kata anak pertama Tjahjo Kumolo, Rahajeng Widyaswari, di RS Abdi Waluyo, Jakarta Pusat, Jumat (1/7).

Rahajeng mengatakan jenazah Tjahjo Kumolo akan disemayamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata.

"Setelah itu mungkin habis Asar atau setelah disalatkan disemayamkan di Kalibata," ujarnya.

Simak juga video 'Tjahjo Kumolo dan Tekad Tuntaskan Problematika Guru Honorer':

[Gambas:Video 20detik]



(rak/maa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT