Eulogi untuk Hoegeng

ADVERTISEMENT

Eulogi untuk Hoegeng

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 15:30 WIB
Jenderal (Purn) Hoegeng Iman Santoso selama hidupnya dikenal sebagai Kapolri yang berintegritas. Hoegeng juga memiliki sisi lain yang gemar melukis dan bermusik
Ilustrsai Jenderal Hoegeng (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Pemimpin Redaksi detikcom Alfito Deannova Ginting menyampaikan eulogi atau pujian yang tinggi untuk Jenderal Hoegeng Iman Santoso. Nama mantan Kapolri itu menjadi inspirasi program Hoegeng Awards 2022.

"Hari ini tanggal 1 Juli adalah hari yang berarti, mari menengok ke belakang tepat satu tahun setelah proklamasi kemerdekaan ada sebuah momentum penting di mana Kepolisian Negara Republik Indonesia berdiri dan terbentuk meneguhkan kedaulatan kita sebagai bangsa yang merdeka," kata Alfito dalam acara puncak Hoegeng Awards 2022 di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022).

Acara Hoegeng Awards 2022 (Lisye/detikcom)Acara Hoegeng Awards 2022 (Lisye/detikcom)

Alfito menyebut polisi terus menjadi elemen penting dalam perjalanan Indonesia, mengawal kehidupan bangsa, menjamin keamanan masyarakat hingga menjaga Pancasila. Menurutnya, dari rahim polisi juga hidup seorang teladan bernama Hoegeng Iman Santoso.

"Figurnya menjelma menjadi referensi abadi bagi siapapun tidak hanya polisi untuk mencari contoh pejabat yang jujur dan berani. Keteladanan yang bahkan bertahan jauh melampaui generasinya. Kini tantangan semakin besar, polisi bertarung dengan problematika sosial yang semakin kompleks, ada hiruk pikuk disinformasi ancaman radikalisme hingga kejahatan transnasional. Di situlah polisi jujur berani dan terpercaya dibutuhkan," ucapnya.

Dia mengatakan harapan itu masih ada. Menurut Alfito, kabar baik soal polisi yang teladan itu terdengar dari masyarakat lewat Hoegeng Awards 2022.

"Kami menerima lebih dari 67.000 nama polisi yang senafas dengan spirit Hoegeng. Hoegeng memeluk janjinya sebagai abdi Bhayangkara tampak pada lambang Tibrata yang ada di nisannya yang sangat lekat," ujarnya.

"Cerita Hoegeng terus menggema termasuk tentang bertapa berartinya tanggal 1 Juli bagi hidupnya, itulah yang kemudian mendorong kami untuk hadir di sini memaknai 1 Juli," imbuhnya.

Acara Puncak Hoegeng Awards 2022

Acara puncak Hoegeng Awards 2022 digelar hari ini. Acara penghargaan tersebut diawali dengan mengheningkan cipta atas meninggalnya Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo.

Pantauan detikcom, di The Tibrata Darmawangsa, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022), acara dimulai pukul 14.00 WIB. Setelah acara dibuka, mengheningkan cipta sesaat untuk menghormati mendiang Tjahjo Kumolo dan Jenderal Hoegeng.

"Mari kita mengheningkan cipta sekaligus memanjatkan doa kepada putra-putri terbaik bangsa yang telah mendahului kita. Hari ini berita duka datang dari kabinet pemerintahan, Menteri PAN-RB Bapak Tjahjo Kumolo telah mendahului kita. Begitu juga dengan Bhayangkara-Bhayangkara hebat negeri ini yang sudah menjadi benteng ibu pertiwi, termasuk Pak Hoegeng, teladan kita bersama. Menghaningkan cipta dipersilakan," ucap Pemimpin Redaksi detikcom Alfito Deanova di dalam acara tersebut.

Acara penganugerahan Hoegeng Awards 2022 dihadiri langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Hoegeng Awards 2022 itu juga dihadiri sejumlah pejabat tinggi negara, tokoh agama, dan perwakilan organisasi masyarakat sipil.

Lihat video 'Jenderal Hoegeng, Kapolri Jujur dan Teladan':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT