ADVERTISEMENT

KSP: Hoegeng Awards Langkah Strategis Rekonstruksi Image Polri Secara Presisi

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 14:54 WIB
Deputi V Kepala Staf Kepresidenan RI Jaleswari Pramodhawardani (Foto: KSP)
Foto: Deputi V Kepala Staf Kepresidenan RI Jaleswari Pramodhawardani (Foto: KSP)
Jakarta -

Kantor Staf Presiden (KSP) mengapresiasi gelaran Hoegeng Awards 2022. Menurut KSP, digelarnya Hoegeng Awards 2022 merupakan langkah strategis untuk mendorong munculnya aparat penegak hukum yang berintegritas seperti mantan Kapolri Jenderal Hoegeng Iman Santoso.

"Karenanya, dengan adanya Hoegeng Awards ini sebagai langkah strategis untuk mendorong, memunculkan dan menginternalisasikan nilai-nilai keadilan, integritas dan profesional yang humanis, aparat penegak hukum seperti yang dimiliki oleh Pak Hoegeng. Dan merekonstruksi branding dan image polri secara lebih prediktif, bertanggungjawab dan transparansi berkeadilan," ujar Deputi V KSP Jaleswari Pramodhawardhani melalui keterangan tertulis, Jumat (1/7/2022).

Jaleswari mengatakan, sebagaimana telah disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Hari Bhayangkara ke-76 ini, Polri merupakan salah satu tulang punggung negara.

"Polri merupakan salah satu tulang punggung yang bekerja tanpa lelah untuk menjaga Indonesia tetap damai dan maju," katanya.

Karena itu, menurutnya, dalam kerangkai damai dan maju tersebut, Polri harus responsif dan terus menjadi institusi yang humanis.

"Dalam kerangka damai dan maju tersebut, oleh karenanya dalam merespon berbagai isu politik, hukum, dan keamanan terkini, mulai dari menjaga stabilitas daerah, merespon hak berpendapat masyarakat, hingga pelaksanaan penegakan hukum terkait kasus-kasus yang memiliki sensitivitas tinggi, Polri harus terus mempertahankan posisinya sebagai institusi humanis dan pengayom masyarakat," papar Jaleswari.

Jaleswari melanjutkan, melalui Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual, Polri kini juga merupakan salah satu garda terdepan dalam memberikan contoh penanganan perkara yang sensitif gender dan korban.

"Dengan strategisnya fungsi Polri saat ini dan ke depannya, semoga Polri dapat meneruskan langkahnya dalam bertransformasi menjadi institusi yang modern, bertanggungjawab, profesional, prediktif, dan transparan, sesuai dengan semangat program PRESISI," pungkas dia.

Simak video 'Jenderal Hoegeng, Kapolri Jujur dan Teladan':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT