ADVERTISEMENT

PDIP: Tjahjo Kumolo Kader Terbaik yang Legendaris

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 14:37 WIB
Tjahjo Kumolo bersama Hasto Kristiyanto
Tjahjo Kumolo (tengah) (Dok. Istimewa)
Jakarta -

PDIP turut berdukacita atas meninggalnya MenPAN-RB Tjahjo Kumolo pada hari ini. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyampaikan Tjahjo Kumolo sebagai sosok terbaik partai yang penyabar dan legendaris.

"Beliau salah satu kader terbaik partai. Mas Tjahjo dikenal sebagai sosok pemimpin dengan kesabaran tinggi, santun, dan menampilkan kepemimpinan penuh semangat persahabatan dan menyatukan," ujar Hasto Kristiyanto dalam keterangannya, Jumat (1/7/2022).

Hasto juga menyampaikan pesan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri agar para kader PDIP hingga simpatisan partai memberikan penghormatan terbaik kepada Tjahjo. Dia juga menyampaikan Tjahjo Kumolo sosok yang legendaris di PDIP.

"Mas Tjahjo sosok yang legendaris karena menjadi anggota DPR RI selama enam periode; menjadi Sekjen PDI Perjuangan pada periode 2010-2015, hingga dipercaya sebagai Mendagri dan MenPAN RB. Almarhum juga sosok yang setia mendampingi Ibu Megawati Soekarnoputri. Saya diajarkan oleh Mas Tjahjo bahwa berdedikasi pada Ibu Megawati harus menggunakan alam batin dan pikiran yang jernih, penuh dengan kejujuran dan kesetiaan," ucapnya.

Hasto juga menyampaikan seluruh keluarga besar PDIP memberi penghormatan terbaik dan mendoakan Tjahjo Kumolo. Dia berdoa agar Tjahjo dilancarkan jalannya menghadap Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

"Seluruh keluarga besar PDI Perjuangan memberikan penghormatan terbaik dengan mendoakan Almarhum agar dilancarkan jalannya menghadap Tuhan Yang Maha Kasih dan Maha Penyayang, dan semoga husnulkhatimah. PDI Perjuangan akan memberikan penghormatan dengan protokol partai," ujarnya

"Selamat jalan Mas Tjahjo Kumolo, perjuangan Mas Tjahjo telah menjadi satu dan bersenyawa dengan seluruh kehidupan PDI Perjuangan," lanjut dia.

Tjahjo Akan Dimakamkan di TMP Kalibata

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia hari ini. Jenazah Tjahjo Kumolo akan disalatkan di KemenPAN-RB, Senayan, Jakarta.

"Habis ini mau disemayamkan dulu di rumah dinas, baru dimandikan, kemudian akan disalatkan di masjid Kantor MenPAN-RB," kata anak pertama Tjahjo Kumolo, Rahajeng Widyaswari, di RS Abdi Waluyo, Jakarta Pusat, Jumat (1/7).

Rahajeng mengatakan jenazah Tjahjo Kumolo akan disemayamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata.

"Setelah itu mungkin habis Asar atau setelah disalatkan disemayamkan di Kalibata," ujarnya.

Simak video 'Mengenang Tjahjo Kumolo, Perjuangkan Reformasi Birokrasi Sampai Korsel':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT