ADVERTISEMENT

Anies: 38 Ribu Hewan Kurban Sudah Masuk Jakarta, Kondisinya Sehat

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 13:50 WIB
Jelang Idul Adha kini hewan qurban mulai bermunculan di Jakarta, Pemprov DKI melalui Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria mengecek langsung kesiapan hewan qurban di PD Dharma Jaya, Jakarta Timur, Rabu (16/7/2020).
Ilustrasi hewan kurban. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas 865 tenaga pemeriksaan hewan yang bertugas di seluruh wilayah Ibu Kota. Anies menyampaikan sejauh ini sudah ada 38 ribu hewan kurban yang masuk wilayah DKI.

"Di Jakarta saat ini sudah datang 38 ribu hewan kurban, diprediksikan akan ada 43 ribu hewan kurban, jadi masih ada sekitar 5 ribu lagi hewan kurban yang mungkin akan masuk ke Jakarta. Dan sejauh ini hewan kurban yang sudah masuk dalam kondisi yang baik," kata Anies, Jumat (1/7/2022).

Anies mengatakan Pemprov DKI telah mengambil langkah pencegahan terkait wabah PMK yang sudah menyebar di sejumlah wilayah RI. Dia memastikan hewan kurban yang masuk Jakarta kondisinya sehat.

"Karena itu kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk bekerja bersama dengan para tenaga pekerja petugas dapat memeriksa kesehatan hewan ini untuk bisa memastikan bahwa hewan ini nantinya proses pemotongan hewan kurban dapat berjalan baik. Insyaallah dengan begitu Idul Adha yang insyaallah dilaksanakan akhir pekan depan akan berjalan dengan smooth," ucap Anies.

Anies juga menjabarkan tugas ratusan tenaga pemeriksa kesehatan hewan. Dia menerangkan 865 petugas itu akan memastikan keamanan daging kurban hingga mengikuti pemotongan hewan sesuai prokes.

"DKI Jakarta sudah mengambil langkah-langkah bersama dengan Pemerintah Pusat untuk memastikan hewan kurban yang datang ke Jakarta adalah hewan kurban yang sehat," ucap Anies.

Anies mengatakan seluruh hewan yang tiba di Jakarta sudah memiliki surat keterangan sehat.

"Ada bentuk surat keterangan kesehatan hewan. Tadi juga yang tadi diserahkan adalah SKKH yang diberikan mereka yang bawa hewan," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati menjelaskan secara rinci hewan kurban yang sudah masuk DKI yakni 38.659 ekor sapi. Dia menyebut 91 perizinan yang masih berproses di PTSP.

"Kemudian yang perlu saya sampaikan di sini untuk pelaksanaan pada saat pemotongan nanti. Nantinya pemprov DKI Jakarta akan bekerjasama dengan dompet dhuafa kebetulan ACT nantinya bentuk kemasan daging-daging dalam bentuk kalengan. Tujuannya biar dikonsumsi dalam waktu yang lama dan mengurangi kerumunan. Sebagaimana kita ketahui bahwa masa pandemi covid masih berjalan kemudian ditambah lagi wabah PMK," ujar Suharini.

"Sebagaimana dikatakan fatwa MUI no 32 tahun 2022 ada beberapa persyaratan selain syarat Islam kita gandengkan juga dengan syarat medis," lanjut dia.

Simak Video 'Marak Wabah PMK Jelang Idul Adha, Komisi VIII: Pastikan Hewan Kurban Sehat':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT