ADVERTISEMENT

Jokowi Jadi Jembatan Komunikasi Antara Putin dan Zelensky

Isal Mawardi - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 06:33 WIB
Moskow -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin di Istana Kremlin. Jokowi mengatakan dirinya siap jadi jembatan komunikasi antara Putin dan Zelensky.

"Isu perdamaian dan kemanusiaan selalu menjadi prioritas politik luar negeri Indonesia. Dalam konteks inilah, saya lakukan kunjungan ke Kyiv dan Moskow," kata Jokowi sesuai keterangan tertulis dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Kamis (30/6/2022).

Meski situasi saat ini masih sangat sulit, Jokowi mengatakan penyelesaian damai sangat penting untuk terus dikedepankan. Jokowi menyatakan siap untuk menjembatani komunikasi Putin dan Zelensky.

"Saya telah sampaikan pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara dua pemimpin tersebut," ucap Jokowi.

Jokowi sampaikan pesan Zelensky

Beberapa hari sebelumnya, Jokowi bertemu Zelensky di Kyiv. Jokowi juga menawarkan diri sebagai penyampai pesan. Misi Jokowi sebagai pembawa pesan Zelensky dituntaskan di Moskow.

"Saya telah menyampaikan pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara kedua pemimpin tersebut," kata Jokowi saat menyampaikan keterangan pers bersama usai bertemu Putin dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (30/6/2022).

Sebelumnya saat bertemu Zelensky di Kyiv, Jokowi telah menyampaikan kepeduliannya terhadap dampak perang bagi kemanusiaan. Rakyat dan pemerintah Indonesia dengan kemampuan yang ada berusaha memberikan kontribusi bantuan termasuk obat-obatan dan komitmen rekonstruksi rumah sakit di sekitar Kyiv.

Di kesempatan yang sama, Jokowi menyampaikan undangan secara langsung kepada Presiden Zelensky untuk berpartisipasi dalam KTT G20 di Bali pada November mendatang. Selain itu, Jokowi menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus menjalin kerja sama dengan Ukraina.

"Tahun ini adalah 30 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Ukraina. Saya menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus memperkuat kerja sama yang lebih baik," kata Jokowi di Kyiv, Rabu (29/6) kemarin.

(isa/dnu)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT