ADVERTISEMENT

Usai Bertemu Putin di Kremlin, Jokowi Bertolak ke Abu Dhabi

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 00:32 WIB
Jokowi Bertolak ke Abu Dhabi
Jokowi Bertolak ke Abu Dhabi (Foto: Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Joko Widodo bertolak menuju Abu Dhabi Uni Emirat Arab (UEA). Keberangkatan itu usai Jokowi bertemu Presiden Putin Vladimir Putin di Istana Kremlin, Rusia.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Jumat (1/7/2022), Jokowi dan rombongan lepas landas sekitar pukul 20.15 Kamis waktu setempat dengan menggunakan Pesawat Garuda Indonesia GIA-1. Jokowi berangkat dari Bandara Vnukovo II, Moskow, Rusia.

Di Abu Dhabi, Jokowi dijadwalkan bertemu dengan Presiden PEA Sheikh Mohamed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan.

Jokowi Bertolak ke Abu DhabiJokowi Bertolak ke Abu Dhabi (Foto: Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden)

Turut mendampingi Jokowi dan Iriana dalam penerbangan ke Abu Dhabi yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Jokowi di Kremlin

Jokowi sebelumnya bertemu Putin di Istana Kremlin. Jokowi bersedia untuk menjadi jembatan komunikasi Presiden Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

"Saya telah menyampaikan pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara kedua pemimpin tersebut," kata Jokowi dalam pernyataan pers bersama Putin.

Jokowi menyadari bahwa situasi perang Rusia dan Ukraina saat ini masih sulit. Namun, dia menyebut penyelesaian secara damai penting dikedepankan.

"Sebagaimana yang saya sampaikan di Kyiv walaupun situasi saat ini masih sangat sulit, namun saya tetap menyampaikan bahwa penyelesaian damai penting untuk terus dikedepankan dan juga ruang-ruang dialog terus bisa dibuka," tutur dia.

Simak Video 'Saat Jokowi Jembatani Komunikasi Zelensky-Putin':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/isa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT