ADVERTISEMENT

Bertemu Putin, Jokowi Minta Jaminan Keamanan Jalur Ekspor Pangan Ukraina

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Kamis, 30 Jun 2022 23:47 WIB
Jakarta -

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow. Jokowi meminta Rusia untuk menjamin jalur ekspor pangan Ukraina.

"Saya mendukung upaya PBB reintegrasi komoditi pangan dan pupuk Rusia dan komoditi pangan Ukraina dalam rantai pasok dunia. Khusus untuk jalur ekspor produk pangan Ukraina, terutama melalui jalur laut, saya sangat menghargai Presiden Putin yang tadi menyampaikan bahwa memberikan jaminan keamanan pasokan pangan dan pupuk dari Ukraina maupun Rusia, ini sebuah berita yang baik," ujar Jokowi usai pertemuan dengan Putin seperti dalam keterangan Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Kamis (30/6/2022).



Jokowi menegaskan bahwa Indonesia tidak memiliki kepentingan apapun kecuali ingin perang Rusia-Ukraina segera selesai dan rantai pasok pangan, pupuk dan energi dapat segera diperbaiki. Jokowi berharap spirit perdamaian dapat dicapai.

"Saya ajak seluruh pemimpin dunia untuk bersama kembali menghidupkan semangat multilateralisme, semangat damai dan semangat kerja sama. Karena hanya dengan spirit ini perdamaian dapat dicapai," kata Presiden Jokowi.

Jokowi Bertemu Putin

Jokowi bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin. Jokowi dan Putin langsung melakukan pertemuan tete-a-tete.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Kamis (30/6). Pertemuan digelar di Ruang Upacara Kenegaraan Istana Kremlin.

Dari foto yang dibagikan, Jokowi tampak bersalaman dengan Putin. Keduanya juga terlihat tersenyum.

Setelah pertemuan, Jokowi dan Putin menyampaikan pernyataan bersama. Jokowi menyatakan isu perdamaian selalu menjadi prioritas Indonesia.

"Isu perdamaian dan kemanusiaan selalu menjadi prioritas politik luar negeri Indonesia. Dalam konteks inilah, saya lakukan kunjungan ke Kyiv dan Moskow," kata Jokowi.

(lir/isa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT