ADVERTISEMENT

Waketum PKB soal Nama Koalisi dengan Gerindra: Silaturahmi Indonesia Raya

Anggi Muliawati - detikNews
Kamis, 30 Jun 2022 22:33 WIB
Pertemuan elite Gerindra dan PKB
Pertemuan elite Gerindra dan PKB (Foto: Anggi Muliawati/detikcom)
Jakarta -

Partai Gerindra dan PKB sepakat membangun koalisi untuk Pemilu 2024. Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menyebut nama koalisinya 'Silaturahmi Indonesia Raya'.

Sebelum menyebutkan nama koalisi, Jazilul ditanya perihal peluang partai politik (parpol) gabung ke koalisi Gerindra dan PKB. Jazilul memastikan membuka pintu bagi parpol lain untuk bergabung.

"Saya yakin partai lain dan kita juga berharap sebenarnya dengan kekuatan yang baru ini, ini kami punya optimisme tetapi kita harus tetap menambah optimisme dengan masuknya partai-partai lain," kata Jazilul kepada wartawan usai pertemuan di kawasan Senen, Jakarta Pusat, Kamis (30/6/2022).

Kemudian Jazilul ditanya soal nama koalisi Gerindra dan PKB. Jazilul awalnya meminta Sekjen Gerindra Ahmad Muzani yang menjawab.

"Nah, Pak Muzani nih," ucap Jazilul.

Namun, Muzani meminta Jazilul yang menjawabnya.

"Silaturahmi Indonesia Raya," kata Jazilul disambut gelak tawa elite masing-masing partai yang ada di lokasi.

Muzani lalu menegaskan ucapan Jazilul soal nama koalisi itu. Dia kemudian menyinggung koalisi ini untuk kebangkitan Indonesia Raya.

"Pokoknya kita ini sedang mencoba merumuskan Indonesia masa depan dalam Pemilu 2024 agar kerjasama antar PKB, silaturahmi antar PKB-Gerindra, kerjasama Gerindra-PKB yang sekarang ini sedang digagas ditingkat provinsi itu bisa efektif mencapai kemenangan, menggapai kemenangan itu ya menang untuk apa? Untuk kebangkitan Indonesia Raya," kata Muzani.

Ketika ditanya perihal nama calon yang akan diusung sebagai capres dan cawapres, Jazilul Fawaid menyebut sudah ada kejelasan. Lalu siapakah dua nama itu?

"Ya kan simple kalau cuma dua nama, simple," kata Jazilul.

"Udah jelas, ya memang dua nggak boleh tiga kan Presiden dan Wakil Presiden, jadi udah jelas," katanya.

Sebelumnya, Partai Gerindra dan PKB sepakat membangun koalisi untuk Pemilu 2024. Gerindra dan PKB menggagas koalisi hingga tingkat provinsi.

Simak selengkapnya pada halaman berikut.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT