ADVERTISEMENT

Roy Suryo Klaim Lacak Jejak Digital Penyebar Meme Stupa, Lengkap Sama Foto

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 30 Jun 2022 20:42 WIB
Roy Suryo usai diperiksa sebagai pelapor soal postingan meme stupa di Polda Metro
Roy Suryo setelah diperiksa sebagai pelapor soal postingan meme stupa di Polda Metro. (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Roy Suryo telah selesai menjalani pemeriksaan sebagai saksi pelapor terkait kasus meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip Presiden Joko Widodo. Sejumlah barang bukti telah diserahkan oleh Roy Suryo kepada penyidik.

"Kita tadi sudah memberikan beberapa bukti-bukti dari akun Twitter yang menurut kami adalah orang yang pertama melakukan edit foto meme stupa Candi Borobudur tersebut," kata pengacara Roy Suryo, Pitra Romadoni, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Roy Suryo tiba di Polda Metro Jaya untuk diperiksa sebagai saksi pelapor pagi tadi sekitar pukul 10.00 WIB. Namun pemeriksaan baru dimulai sejak pukul 14.00 hingga pukul 17.00 WIB.

Roy Suryo diperiksa atas laporannya kepada tiga akun media sosial yang dianggapnya sebagai pengunggah pertama meme stupa Candi Borobudur. Total, ada 18 pertanyaan yang dilayangkan kepada Roy Suryo.

"Jadi pertanyaan ke saya tadi lebih kepada pertanyaan tiga akun itu bener-bener saya hanya ditanyakan soal itu dan tidak ada hal yang lain yang ditanyakan," jelas Roy Suryo.

Dia menambahkan, dalam pemeriksaan hari ini, identitas pemilik akun penggungah pertama meme tersebut telah diserahkan kepada penyidik.

"Saya bahkan memberi petunjuk yang sangat diapresiasi oleh kepolisian dan penyidik. Karena saya tidak hanya menyebut nama akunnya, tidak hanya menyebut tanggal berapa dia posting, tapi melacak jejak digitalnya sehingga nama orang aslinya, akun yang pertama yang meng-upload pada tanggal 7 Juni 2022 itu sudah diketahui oleh kepolisian," ujar Roy.

"Lengkap dengan nomor teleponnya, lengkap dengan profesinya dia apa, lengkap dengan fotonya, dan lengkap dengan nama panggilan dia di dalam WhatsApp group," tambahnya.

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT