ADVERTISEMENT

Pakar Bicara Efek Domino Sunny Tanuwidjaja Disebut Dukung Anies Nyapres

Mochamad Zhacky - detikNews
Kamis, 30 Jun 2022 12:40 WIB
Staf khusus Gubernur DKl Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Sunny Tanuwidjaja kembali menjalani pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta, Kamis (16/06/2016). Sunny kembali diperiksa KPK terkait suap reklamasi teluk Jakarta. Grandyos Zafna/detikcom
Sunny Tanuwidjaja. (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie menyebut Sunny Tanuwidjaja jujur berbicara ingin membantu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Belakangan, elite NasDem Bestari Barus, yang dekat dengan Anies, mengklaim Sunny mendukung sosok DKI-1 itu nyapres. Pengamat politik memprediksi efek domino dari Sunny.

Pendiri lembaga survei KedaiKOPI Hendri Satrio atau Hensat-lah yang menyebut fenomena terkait Sunny akan menjadi tren baru menjelang Pilpres 2024.

"Keterbukaan dalam menyuarakan dukungan terbuka pada capres selama ini hanya dilakukan oleh pendukung Presiden Jokowi yang beralih mendukung Ganjar Pranowo, atau beberapa pendukung Ketum parpol yang tersandera dalam memberikan dukungan untuk capres lain selain hanya untuk sang ketum tersebut," kata Hensat kepada wartawan, Kamis (30/6/2022).

"Fenomena Sunny akan mendorong pendukung Anies Baswedan yang selama ini diam, tak banyak bicara, akhirnya keluar untuk bergabung bersama gelombang perubahan yang hangat dibicarakan masyarakat," imbuhnya.

Hensat menilai fenomena Sunny akan berimbas positif bagi parpol yang hendak mendukung Anies. Hensat mengaku tahu ada parpol yang masih menunggu momentum untuk mendeklarasikan dukungannya untuk mantan Mendikbud itu.

"Tentu saja fenomena Sunny juga akan berimbas positif pada beberapa parpol yang mendukung Anies, baik yang nyata memberikan dukungan seperti NasDem, atau parpol yang konstituennya sudah mendukung tapi masih menunggu waktu tepat untuk mendeklarasikan dukungan kepada Anies Rasyid Baswedan, seperti Demokrat, PPP ataupun PKS," paparnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan juga 'Anies, Ganjar hingga Ridwan Kamil Masuk Bursa Capres PAN':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT