ADVERTISEMENT

Presiden Ukraina Zelensky Terima Undangan Jokowi ke G20 di Bali, tapi...

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kamis, 30 Jun 2022 12:15 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy atau Zelensky untuk menghadiri KTT G20 di Bali pada November 2022. Apa jawaban Zelensky?

"Saya berterima kasih kepada yang mulia atas undangan Anda untuk saya hadir di KTT G20 dan saya menerima undangan tersebut," kata Zelensky melalui translator dalam konferensi pers bersama Jokowi, yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (30/6/2022).

Kendati menerima undangan Jokowi, Zelensky mengatakan kehadirannya bergantung pada dua hal. Salah satunya bergantung pada situasi keamanan Ukraina.

"Tapi kehadiran Ukraina akan bergantung terhadap situasi keamanan di negara kita dan juga komposisi partisipan yang ada di KTT tersebut," ungkapnya.

Sebagai informasi, Jokowi juga mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin ke KTT G20. Kremlin sudah menyatakan Putin akan hadir secara langsung ke KTT G20, meskipun banyak tentangan dari negara-negara lain.

Zelensky Apresiasi Kehadiran Jokowi

Zelensky mengatakan kunjungan Jokowi ke negaranya ini merupakan kunjungan bersejarah bagi Indonesia dan Ukraina.

"Karena ini merupakan kunjungan pertama oleh Presiden Indonesia ke Ukraina, dan ini adalah kunjungan pertama pemimpin Asia yang sejak awal dari invasi Rusia ke Ukraina, Bapak Presiden, yang mulia, kita mengapresiasi hal tersebut," kata Zelensky melalui translator dalam konferensi pers bersama Jokowi, yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (30/6/2022).

Zelensky juga mengapresiasi kehadiran Jokowi. Sebab, keberadaan dan kewenangan Jokowi dan Indonesia di mata internasional sangat tinggi.

"Terutama Indonesia dan kewenangan anda dan juga keberadaan anda di dunia internasional sangat tinggi. Anda mewakili negara-negara G20 di mana Indonesia memegang presidensi tahun ini dan merupakan negara yang kuat di ASEAN dan tahun depan akan menjadi Keketuaan ASEAN tahun depan," tuturnya.

Menurut Zelensky, kehadiran Jokowi ini merupakan awal untuk memperkuat koalisi melawan perang. Selain itu, untuk mengembalikan stabilitas dunia.

"Kita mengapresiasi dukungan Indonesia dan juga dukungan pribadi personal anda yang ada di masa perang tersebut untuk perjuangan kemerdekaan kita. Dan kita juga akan memperjuangkan kemerdekaan kita dan juga kemerdekaan Ukraina dari perang kolonial yang dilancarkan oleh Rusia. Dan secepatnya perang ini berakhir, dan kita akan secepatnya untuk dapat mengembalikan situasi politik dan ekonomi di Ukraina," papar Zelensky.

(mae/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT