ADVERTISEMENT

Suhu di Dieng Tembus Minus 1 Derajat Celsius, Muncul Embun Beku

Uje Hartono - detikNews
Kamis, 30 Jun 2022 11:54 WIB
Banjarnegara -

Suhu udara di kompleks Candi Arjuna, Dieng, Jawa Tengah, turun hingga minus 1 derajat Celsius dan membuat embun beku pagi ini. Apa yang harus disiapkan wisatawan saat Dieng superdingin?

"Salah satu yang menjadi daya tarik Dieng adalah adanya embun es. Karena ini kan fenomena yang langka. Biasanya muncul es saat musim kemarau dan cuaca hari sebelumnya cerah," kata Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pengelolaan Wisata Dieng Sri Utami saat dihubungi, seperti dilansir dari detikJateng, Kamis (30/6/2022).

Meski demikian, wisatawan diimbau lebih mempersiapkan diri sebelum berlibur ke dataran tinggi Dieng. Sebab, saat musim kemarau, suhu udara di dataran tinggi Dieng lebih dingin dibanding sebelumnya.

Utami menyebut perlengkapan yang harus disiapkan di antaranya jaket tebal, sarung tangan, hingga masker. Selain itu, makan minum untuk menghangatkan badan.

"Kalau yang disiapkan itu yang bisa menghangatkan. Seperti jaket tebal, kupluk, sarung tangan, dan masker. Makanan dan minum juga agar badan kita hangat," sebutnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, fenomena alam di dataran tinggi Dieng kembali terjadi pagi ini. Embun yang menempel di rumput sekitar Candi Arjuna membeku.

Baca selengkapnya di sini

(idh/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT