ADVERTISEMENT

Bicara 'Saya PDIP', Ganjar Tolak Jadi Bakal Capres NasDem?

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 30 Jun 2022 06:40 WIB
Ganjar
Ganjar Pranowo (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan tetap PDIP usai namanya masuk dalam jajaran bakal calon presiden (bacapres) 2024 hasil rakernas Partai NasDem. Di sisi lain, Partai NasDem menganggap Ganjar tak menolak menjadi bacapres 2024.

"NasDem sejak awal tahu bahwa Pak Ganjar itu kader PDIP, tanpa penegasan pun kita sudah mengetahuinya. Dan memang NasDem tidak pernah mempersyaratkan orang yang diusung NasDem itu harus jadi kader Partai NasDem," kata Waketum Partai NasDem Ahmad Ali kepada wartawan, Rabu (29/6/2022).

Ali menjelaskan bahwa bagi NasDem tak melihat apakah bacapres 2024 mereka kader partai lain atau bukan. Ali mencontohkan saat NasDem mencalonkan Jokowi sejak 2024 lalu menjadi capres.

"Tapi kami melihat bahwa ini kontestasi nasional, menjadi pemimpin nasional, maka tentunya kami tidak melihat warna baju, atau siapa, tapi semua putra-putri terbaik yang dimiliki bangsa ini berpotensi untuk kita punya peluang mencalonkan itu. Dan itu kita lihat pada 2014, Jokowi dicalonkan oleh NasDem dan kita tahu dia adalah PDIP, dan sampai hari ini dia PDIP," ujar Ali.

"Namun demikian, syarat kita mencalonkan orang tersebut adalah apakah dia bersedia untuk dicalonkan setelah koalisi terbentuk, kami akan mengundang bakal calon tersebut, apakah kemudian dia bersedia dicalonkan oleh Partai NasDem dan koalisinya," sambungnya.

Hingga kini pun, kata Ali, NasDem belum putuskan apapun, tidak otomatis tiga nama bacapres hasil rakernas NasDem itu dicalonkan. Sebab, tergantung tiga nama itu, yakni Andika Perkasa, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo mau dicalonkan atau tidak.

"Kalau dia (Ganjar) menolak, kan kami sudah mengirim hasil rakernas kepada beliau, kalau beliau menolak kan tinggal beliau membuat surat atau pernyataan tidak bersedia, kan selesai, atau membuat pernyataan secara lisan," ucapnya.

Oleh sebab itu, sampai sekarang NasDem belum terima pernyataan menolak dari Ganjar untuk jadi bacapres. Sehingga NasDem menanggap Ganjar belum menolak.

"Tidak ada, belum ada (pernyataan menolak Ganjar)," imbuhnya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Saksikan Video 'Bambang Pacul: Kriteria Capres PDIP Ada di Tangan Bu Mega':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT