ADVERTISEMENT

Djarot soal Duet Pemersatu Bangsa: Pancasila, Bukan Orangnya!

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Senin, 27 Jun 2022 17:05 WIB
Djarot Saiful Hidayat (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom).
Djarot Saiful Hidayat (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom).
Jakarta -

Ketum Partai NasDem Surya Paloh mengusulkan duet pemersatu bangsa yakni Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo saat berdiskusi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat yang mempersatukan Indonesia adalah ideologi Pancasila.

"Eh, yang mempersatukan bangsa kita, sekali lagi ya itu bukan orang per orang lho, yang mempersatukan bangsa kita itu ideologi ya. Ideologi Pancasila itu lah yang mempersatukan bangsa kita, nilai-nilai dalam ideologi itulah yang memepersatukan bangsa kita," kata Djarot di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (27/6/2022).

Pemersatu bangsa, di mata Djarot, bukanlah tokoh atau pasangan tokoh tertentu. Namun, Pancasila-lah yang mempersatukan bangsa Indonesia. Djarot mengingatkan hal itu.

"Sekarang persoalannya ini, sekarang ini tidak bisa hanya tergantung kepada orang per orang, tapi bagaimana pemahaman orang per orang itu ya, apakah dia punya pemahaman ideologi yang kuat, ukurannya itu," ujar Djarot.

"Jadi bukan karena orang, tapi karena Pancasila-nya dong. Yang bisa mempersatukan Indonesia itu ideologi Pancasila. Itu ya," imbuhnya.

Surya Paloh sebelumnya mengusulkan duet pemersatu bangsa saat berdiskusi dengan Presiden Jokowi. Paloh mengungkapkan latar belakang duet pemersatu bangsa.

"Duet pemersatu bangsa dilatarbelakangi oleh pemikiran begini, pemilu lalu tahun 2019 mau tidak mau kita harus akui meninggalkan rasa kepedihan, kesedihan dan luka di hati sebagian masyarakat di bangsa ini. Eksesnya besar sekali ada trauma menghadapi pemilu itu sendiri," kata Surya Paloh seperti dilansir detikSumut, Senin (27/6).

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Simak Video: Pengamat soal Duet Ganjar-Anies: Penentunya di Megawati dan Jokowi

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT