ADVERTISEMENT

Kronologi Warga Buka Paksa Pintu Tol Jatikarya, Sempat Terjadi Pemblokiran

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Rabu, 29 Jun 2022 20:48 WIB
Bekasi -

Pintu Tol Jatikarya, Jatisampurna, Kota Bekasi, dibuka paksa oleh warga. Polisi mengungkapkan, aksi buka paksa Pintu Tol Jatikarya itu dilakukan oleh ahli waris terkait sengketa lahan.

"Karena tol berdiri di tanah sengketa," kata Kapolsek Jatisampurna Iptu Santri Dirga saat dimintai konfirmasi, Rabu (29/6/2022).

Namun Dirga belum menjelaskan secara detail terkait duduk perkara kejadian tersebut.

"Untuk detailnya silakan hubungi kuasa hukum warga ya karena itu perkara perdata. Di luar wewenang kepolisian," ucapnya.

Ahli Waris Protes Ganti Rugi Lahan

Dirga menjelaskan, aksi buka paksa Pintu Tol Jatijarya itu merupakan protes ahli waris atas hasil putusan Pengadilan Negeri (PN) Kota Bekasi.

"Aksi spontan dari warga selaku ahli waris yang menuntut haknya berupa dana konsinyasi yang ada di PN Kota Bekasi," imbuhnya.

Warga Sempat Blokir Pintu Tol

Peristiwa itu diketahui terjadi pada pukul 14.00 WIB, Rabu (29/6/2022). Warga sempat memblokir Pintu Tol Jatikarya.

Namun, menurut Dirga, aksi pemblokiran itu berhasil dihalau petugas.

"Awalnya warga berusaha menutup pintu tol, namun berhasil dihalau petugas," katanya.

Warga Buka Paksa Pintu Tol

Namun kemudian para ahli waris itu kembali dan membuka paksa pintu Tol Jatikarya. Namun kejadian ini tak berlangsung lama dan berhasil diantisipasi.

"Kemudian warga beraksi kembali dengan berusaha membuka palang pintu tol namun kembali berhasil dihalau petugas," papar Santri.

Corporate Secretary PT Waskita Toll Road (WTR), Alex Siwu, membenarkan adanya kejadian tersebut. Alex mengatakan warga sempat melakukan pemblokiran di pintu tol.

"Telah terjadi aksi penyampaian aspirasi oleh warga sehubungan dengan sengketa kepemilikan lahan di ruas tol Cimanggis-Jatikarya pada Gerbang Tol Jatikarya 1 dan 2 pukul 13.00 WIB. Aksi ini diwarnai dengan penutupan seluruh gerbang tol oleh warga sekitar pukul 13.50 WIB," ujar Alex.

Kejadian ini tak berlangsung lama. Alex mengatakan tidak ada kerugian atas aksi protes warga ini.

"Tidak ada kerugian atau kerusakan," tutur Alex.

(mea/mea)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT