ADVERTISEMENT

Heboh Surat Rekomendasi PPDB Walkot Serang, Ini Kata Kadisdik Banten

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Rabu, 29 Jun 2022 22:03 WIB
Surat rekomendasi dari Walkot Serang Syafrudin terkait penerimaan peserta didik baru (PPDB) beredar di medsos. Hoax or not? (dok Istimewa)
Surat rekomendasi dari Walkot Serang Syafrudin terkait penerimaan peserta didik baru (PPDB) beredar di medsos. Hoax or not? (Foto: dok. Istimewa)
Serang -

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banten (Kadisdikbud), Tabrani, merespons perihal surat rekomendasi dari Wali Kota Serang Syafrudin untuk siswa PPDB ke SMAN 1 Serang. Tabrani tak mempersoalkan surat rekomendasi itu sepanjang memenuhi syarat PPBD.

"Sepanjang itu memenuhi syarat normatif sesuai jalur PPDB bisa diterima," kata Tabrani saat ditemui wartawan di kantornya, Rabu (29/6/2022).

Tabrani menegaskan surat Wali Kota Serang tersebut tak membuat siswa yang direkomendasikan otomatis diterima. Namun, dia menjelaskan, siswa yang direkomendasikan masih berpeluang diterima di SMAN 1 Serang melalui jalur pendaftaran lain, salah satunya jalur afirmasi.

"Kita lihat, kalau zonasi tidak masuk, ada jalur pendaftaran lainnya. Ada afirmasi, perpindahan tugas orang tua, dan prestasi. Selama ada peluang di tiga jalur lainnya, kenapa tidak," ujarnya.

"Kalau tidak ada, jangan dipaksakan," imbuhnya.

Atas surat rekomendasi wali kota itu, Syafrudin dan Pj Gubernur Banten Al Muktabar sudah buka suara. Muktabar mengatakan bahwa pihaknya perlu memvalidasi surat tersebut benar atau tidak.

"Saya belum melihat secara teknis bendanya, saya perlu lihat, validasi beneran itu dan seterusnya," ucapnya pada Selasa (28/6) kemarin.

Sedangkan Syafrudin mengatakan surat rekomendasi yang tersebar di media sosial itu dibuat untuk membantu masyarakat. Ia membantah jika itu adalah siswa titipan misalnya dari pejabat di daerah.

"Orang namanya mau sekolah itu harus dibantu, namanya sekolah, bukan praktek itu mah bukan, namanya mau sekolah siapapun kalau bisa dibantu," ucapnya.

(bri/zak)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT