ADVERTISEMENT

Kakorlantas: Perlengkapan E-TLE Itu Mahal dan Harus dengan Pengadaan

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Rabu, 29 Jun 2022 18:25 WIB
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi
Irjen Firman (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Kakorlantas Polri Irjen Firman Santyabudi mengatakan perlengkapan untuk membuat E-TLE mobile membutuhkan anggaran yang tidak sedikit alias mahal. Hingga kini Korlantas terus berupaya berkoordinasi dengan pemerintah daerah (pemda) untuk mendukung pembuatan E-TLE mobile ini.

"Jadi yang pertama, E-TLE ini jelas tidak gratis, perlengkapannya itu mahal dan harus dengan pengadaan. Kita sedang mengkomunikasikan ini ke Pak Asrena dan dukungan buat Polri. Kan tidak semuanya harus ke polisi, juga untuk instansi lain," kata Firman kepada wartawan, Rabu (29/6/2022).

Firman mengatakan pihaknya telah berkomunikasi dengan para pimpinan daerah dalam hal ini. Pada Jumat (1/7), Firman diundang ke Polda Sumatera Selatan (Sumsel) untuk peluncuran E-TLE mobile.

"Saya sedang mengupayakan, mengkomunikasikan ini ke para pimpinan kepala daerah. Nah, di sana ada peran kita dari pajak kendaraan bermotor salah satunya, ini akan kita komunikasikan kepada para gubernur untuk mendukung," ujar Firman.

"Sebagai salah satu contoh, saya diundang Bapak Kapolda Sumatera Selatan besok hari Jumat, untuk me-launching beberapa titik E-TLE yang sumber anggarannya dari pemerintah daerah. Nah jadi, kalau semuanya oleh polisi, uangnya polisi nggak cukup," tambahnya.

Lebih lanjut, Firman mengatakan pihaknya bakal mendorong seluruh daerah untuk menggunakan E-TLE mobile ini. Hal ini guna membangun kesadaran masyarakat dalam tertib lalu lintas.

"Artinya, kita ingin mendorong seluruh wilayah ini pemanfaatan teknologi. Saya rasa masyarakat juga kita harapkan bukan kita mau menangkap orang dengan memasang E-TLE sebanyak-banyaknya. Tapi sebanyak-banyaknya kita memiliki daerah yang masyarakatnya sadar akan lalu lintas," katanya.

Sebelumnya, Korlantas Polri mencatat sudah ada 700 E-TLE mobile yang tersedia di wilayah hukum Polda Jawa Tengah (Jateng). E-TLE mobile sendiri bisa digunakan Polisi Lalu Lintas (Polantas) yang sudah terlatih sehingga bisa melakukan tilang lewat handphone.

"E-TLE mobile di polda-polda. Polda Jateng 700 kamera HP," kata Kasubdit Dakgar Ditgakkum Korlantas Polri Kombes Made Agus Prasatya kepada wartawan, Selasa (28/6).

Dia mengatakan ada juga 10 kamera ponsel untuk E-TLE mobile di wilayah hukum Polda Sumatera Utara (Sumut). Sementara itu, di Polda Sumatera Selatan (Sumsel) sudah terdapat satu kamera mobile yang ditaruh di mobil.

Dia menyebut E-TLE mobile yang dipasang di mobil itu diletakkan di dasbor. Selain itu, ada kamera yang diletakkan di atas kap mobil.

"Ada yang di dasbor dan ada yang di atas kap mobil patroli," ujarnya.

Simak juga Video: Baru 6 Bulan, Denda Tilang Elektronik di Jawa Tengah Tembus Rp 20 M

[Gambas:Video 20detik]



(azh/lir)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT