ADVERTISEMENT

PKS soal Usulan Embarkasi Haji Hanya di Aceh: Simpatik tapi Sulit

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Rabu, 29 Jun 2022 18:25 WIB
Bukhori Yusuf.
Bukhori Yusuf (Dok. DPR)
Jakarta -

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengusulkan embarkasi jemaah haji RI dilakukan terpusat di Aceh untuk tahun-tahun berikutnya. Anggota Komisi VIII DPR Fraksi PKS Bukhori Yusuf mengatakan usulan itu simpatik, tetapi sulit untuk direalisasi.

"Usulan yang simpatik tetapi sulit untuk direalisasikan," kata Bukhori kepada wartawan, Rabu (29/6/2022).

Bukhori kemudian membeberkan alasan usulan itu dinilai sulit diterapkan. Ketua DPP PKS ini menilai wilayah Indonesia cukup luas.

"Negara kita sangat panjang jadi tidak mungkin seluruh embarkasi dilebur lalu tinggal 1 Aceh," ujar Bukhori.

Selain itu, dia menilai usulan itu bakal membebankan biaya yang lebih mahal bagi calon haji. "Hal lain meminimalkan biayanya justru membuat semakin mahal," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Sufmi Dasco Ahmad mengusulkan Aceh menjadi satu-satunya embarkasi dalam memberangkatkan calon jemaah haji asal Indonesia ke Arab Saudi pada tahun berikutnya. Dasco menyebut ada sejumlah alasan yang patut dipertimbangkan soal usulannya.

"Jarak tempuh hanya 6 jam (dari Aceh ke Arab Saudi), kemudian secara historis, kita semua kan tahu, Aceh itu dikenal dengan Serambi Mekah," kata Dasco dalam keterangan tertulis 'Sufmi Dasco Usul Aceh Serambi Mekah Jadi Satu-satunya Embarkasi', Rabu (29/6).

Dasco menyebut usulan ini diharapkan dapat menekan biaya haji agar lebih efektif dan efisien. Dasco menyebut usulan ini, jika diterima, juga harus dibarengi dengan pelayanan maksimal.

"Sehingga, secara pembiayaan, tidak terlalu memberatkan bagi jemaah haji. Namun tetap dengan pelayanan yang berkualitas dan optimal," kata Dasco.

(fca/maa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT