ADVERTISEMENT

Satpol PP Depok Tertibkan 35 Bangunan Liar di Jalan Raya Cipayung

Dwi Rahmawati - detikNews
Rabu, 29 Jun 2022 15:47 WIB
Satpol PP Depok Tertibkan Bangunan Liar
Satpol PP Depok Tertibkan Bangunan Liar (Dwi/detikcom)
Depok -

Satpol PP Kota Depok menertibkan 35 bangunan liar di Jalan Raya Cipayung, RW 09 dan RW 10, Kelurahan Bojong Pondok Terong, Kecamatan Cipayung. Bangunan disebut melanggar Peraturan Daerah (Perda) Kota Depok Nomor 16 Tahun 2012 karena berada di pinggir kali.

Komandan tim (Dantim) Kecamatan Cipayung, Ikin, mengatakan penertiban tersebut dilakukan Rabu (29/6/2022). Ada 66 personel dari berbagai gabungan instansi yang turut dalam penertiban itu.

"Ada 35 bangunan yang di pinggir kali semua. Itu campur-campur ada yang kosong, bangunan yang baru berdiri, ada tukang kembang, tukang buah, warung makan, dan bengkel tambal ban," papar Ikin saat dihubungi detikcom.

Ikin menyatakan bangunan liar tersebut sudah dilarang peruntukannya. Dari kelurahan sampai kecamatan juga mengirim surat teguran sampai tiga kali.

"Itu sudah melanggar, sudah dapat teguran dari kelurahan, kecamatan ada surat teguran. Kemarin dari Satpol PP Kota dikasih waktu 1 × 24 jam untuk bongkar sendiri. Surat teguran sudah ketiga sampai keempat nggak diindahkan," ungkap Ikin.

Meski demikian, lanjut Ikin, masih ada 12 lapak lain yang belum dibongkar. Tempatnya berada di sebelah kiri di atas saluran air.

"Ada 12 bangunan yang belum dibongkar karena memang (baru) yang di atas kalinya doang. Bangunan itu sebenarnya di tanah milik pribadi cuma dia maju ke depan, adanya di atas saluran air,' ucap Ikin.

Ikin menjelaskan, selain melanggar perda, penertiban tersebut dilakukan lantaran mengganggu lalu lintas dan menyebabkan banjir.

"Sementara itu, dulu karena permintaan masyarakat juga itu karena dulu juga ada permintaan dari PUPR bahwa itu membuat buangan sampah, macet, air jadi banjir," tandasnya.

(zap/zap)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT