ADVERTISEMENT

KPK Balik Tanya ICW: Kenapa Hanya Fokus Harun Masiku?

Nahda Rizki Utami - detikNews
Rabu, 29 Jun 2022 10:18 WIB
Ali Fikri
Jubir KPK Ali Fikri (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Indonesia Corruption Watch (ICW) menuding KPK tidak pernah mencari buron tersangka kasus dugaan suap Harun Masiku yang terhitung sudah 900 hari hilang. KPK pun menjawab tudingan tersebut dengan bertanya mengapa ICW hanya fokus kepada Harun Masiku.

"Kenapa ICW hanya fokus soal buronan Harun Masiku? Bagi kami, semua perkara yang tersangkanya DPO saat ini sama pentingnya untuk dicari dan segera diselesaikan," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (29/6/2022).

Ali mengatakan pencarian para tersangka yang masuk daftar pencarian orang (DPO) menjadi kewajiban KPK untuk menemukannya. KPK, sambung Ali, juga wajib membawa para DPO sampai proses persidangan.

"Pencarian para DPO menjadi kewajiban kami untuk menemukannya dan membawanya sampai proses persidangan," jelas Ali.

Ali menjelaskan sampai saat ini ada 4 orang yang menjadi DPO yang telah diumumkan ke publik. Salah satunya Harun Masiku.

"Sejauh ini setidaknya ada sekitar 4 orang DPO dan itu telah kami umumkan ke publik yaitu Harun Masiku (DPO tahun 2020)," ucap Ali.

"Dan 3 DPO sisa periode KPK yang lalu, yaitu Surya Darmadi (2019), Izil Azhar (2018), dan Kirana Kotama (2017)," sambungnya.

Lebih lanjut, Ali memastikan KPK tetap melakukan pencarian 4 DPO tersebut. "Tentu bersama masyarakat, siapapun yang memiliki informasi dan data terbaru dan itu disampaikan ke KPK, kami juga pasti tindaklanjuti," imbuhnya.


ICW Yakin KPK Tak Pernah Cari Harun Masiku

Sebelumnya, ICW menggelar demonstrasi di depan KPK terkait 900 hari hilangnya tersangka kasus dugaan suap Harun Masiku. ICW pun menuding KPK tidak pernah mencari Harun Masiku.

"Selama ini yang disampaikan oleh pimpinan KPK maupun Plt Juru Bicara atau Deputi Penindakan KPK hanya bersifat retorik, mencari pembenaran. Kami sangat yakin Harun Masiku sebenarnya tidak pernah dicari KPK," kata peneliti ICW Kurnia Ramadhana di depan gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (28/6/2022).

"Kami hakulyakin, sampai akhir masa jabatan Firli Bahuri, Harun Masiku tidak akan pernah tertangkap oleh KPK," lanjutnya.

Kurnia kemudian menyinggung soal keganjilan dalam perburuan terhadap Harun Masiku. Dia juga membawa-bawa soal tes wawasan kebangsaan (TWK) terkait kasus Harun Masiku.

"Mulai dari pimpinan KPK bergeming tatkala pegawainya diduga disekap di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, ketidakjelasan tindakan penggeledahan di kantor PDIP, pemulangan paksa penyidik Rossa Purbo Bekti, hingga penyingkiran tim pencari Masiku melalui tes wawasan kebangsaan," ujar Kurnia.

Simak Video 'Jawab Firli saat Ditanya Harun Masiku: Banyak yang Dikerjakan KPK':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT