ADVERTISEMENT

ICW Ungkit Harun Masiku 900 Hari Hilang: Kami Yakin Tak Pernah Dicari KPK

M Hanafi - detikNews
Selasa, 28 Jun 2022 17:27 WIB
Spanduk 900 hari hilangnya Harun Masiku (dok. ICW)
Spanduk 900 hari hilangnya Harun Masiku (Foto: dok. ICW)
Jakarta -

Indonesia Corruption Watch (ICW) menggelar demonstrasi di depan KPK terkait 900 hari hilangnya tersangka kasus dugaan suap Harun Masiku. ICW pun menuding KPK tidak pernah mencari Harun Masiku.

"Selama ini yang disampaikan oleh pimpinan KPK maupun Plt Juru Bicara atau Deputi Penindakan KPK hanya bersifat retorik, mencari pembenaran. Kami sangat yakin Harun Masiku sebenarnya tidak pernah dicari KPK," kata peneliti ICW Kurnia Ramadhana di depan gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (28/6/2022).

"Kami hakulyakin, sampai akhir masa jabatan Firli Bahuri, Harun Masiku tidak akan pernah tertangkap oleh KPK," lanjutnya.

Kurnia kemudian menyinggung soal keganjilan dalam perburuan terhadap Harun Masiku. Dia juga membawa-bawa soal tes wawasan kebangsaan (TWK) terkait kasus Harun Masiku.

"Mulai dari pimpinan KPK bergeming tatkala pegawainya diduga disekap di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, ketidakjelasan tindakan penggeledahan di kantor PDIP, pemulangan paksa penyidik Rossa Purbo Bekti, hingga penyingkiran tim pencari Masiku melalui tes wawasan kebangsaan," ujar Kurnia.

Kurnia menduga KPK sejak awal tidak berniat mencari Harun Masiku. Dia mengatakan KPK seolah membiarkan Harun Masiku masih bebas.

"Akibatnya, masyarakat berasumsi bahwa sejak awal pimpinan KPK memang tidak memiliki niat untuk menuntaskan penanganan perkara ini dan membiarkan Masiku serta pejabat teras partai politik tak tersentuh hukum," ujarnya.

Kurnia mengatakan ICW berkesimpulan KPK memang enggan menangkap Harun Masiku.

"Dari sejumlah persoalan itu, kami tiba pada kesimpulan, KPK memang enggan meringkus Harun Masiku," tuturnya.

ICW juga membentang spanduk berisi foto Harun Masiku di flyover Pancoran, Jakarta Selatan. Berikut tulisan di spanduk itu:

DICARI ORANG HILANG, SUDAH HILANG SEJAK 900 HARI YANG LALU.

Nama: Harun Masi-kabUr

Asal Alamat: Ex-Partai Merah

Ciri-ciri: Koruptor Kasus Dugaan Suap Pergantian Antarwaktu (PAW) Anggota DPR Periode 2019-2014

Terakhir Terlihat: Bandara Soekarno-Hatta.

ICW juga melakukan aksi teatrikal di depan gedung KPK. Mereka menggunakan topeng berwajah pimpinan KPK Firli Bahuri, Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar, Nawawi Pomolango, dan Nurul Ghufron.

Dalam aksi itu, para pimpinan KPK terlihat berdiri diam ketika sosok yang menggunakan topeng Harun Masiku lewat di depan mereka membawa koper dan memegang kelapa. Harun Masiku digambarkan mondar-mandir tapi tak ditangkap.

Harun Masiku merupakan mantan caleg PDIP yang jadi buron sejak awal Januari 2020. Dia diduga terlibat dalam kasus suap pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR RI yang juga menjerat mantan komisioner KPU, Wahyu Setiawan.

Simak juga video 'Jawab Firli Saat Ditanya Harun Masiku: Banyak yang Dikerjakan KPK':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT