ADVERTISEMENT

Soal Legalisasi Ganja Medis, Legislator PDIP Ingatkan Jangan Latah

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Rabu, 29 Jun 2022 09:57 WIB
Anggota Komisi IX dari Fraksi PDIP Rahmad Handoyo.
Anggota DPR Fraksi PDIP, Rahmad Handoyo (Zacky/detikcom)
Jakarta -

Ganja medis belakangan kembali santer diperbincangkan setelah seorang ibu bernama Santi menyuarakan permintaan terkait legalisasi ganja medis untuk pengobatan anaknya. Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Rahmad Handoyo mengingatkan wacana legalisasi ganja itu jangan serta-merta disikapi tanpa pertimbangan matang.

Handoyo mendorong wacana penggunaan ganja untuk pengobatan harus didasari kajian ilmiah secara komprehensif. Selain itu, lanjutnya, turut melibatkan segala unsur terkait, seperti para ahli medis dan psikolog.

"Kita harus berhati-hati menyikapi wacana ini, bukan latah. Artinya sebelum ganja medis dilegalkan, terlebih dahulu dilakukan kajian komprehensif yang melibatkan segala unsur terkait, khususnya paramedis, psikolog," kata Handoyo dalam keterangan tertulis, Rabu (29/6/2022).

Menurutnya, perlu dikaji pula soal obat medis alternatif selain dari ganja. Apabila ada obat medis lain dengan kemanfaatan yang sama dengan ganja, lantas tak harus menggunakan ganja.

"Terutama masukan dari dunia medis, tidak adakah obat medis di luar pemanfaatan ganja untuk penyakit tertentu. Bila tidak ada, kemungkinan opsi medis masuk akal. Namun bila ada obat medis khasiatnya sama atau lebih baik dari ganja, kenapa harus memaksakan dengan ganja?" ujar Handoyo.

Handoyo melanjutkan, setelah ada kajian yang menyatakan ganja benar-benar aman untuk kepentingan medis, harus ada pengawasan yang sangat ketat.

"Tentu saja ganja hanya digunakan untuk pengobatan. Di luar kepentingan medis, misalnya penyalahgunaan ganja, penanaman ganja, tetap dilarang. Karena itu lah kalau ganja medis diizinkan, aturan tersebut harus diikuti pengawasan yang ketat," kata dia.

Rahmad mewanti-wanti jangan sampai penanaman dan penjualan ganja menjadi kian marak usai penggunaan ganja medis dilegalkan. "Ganja kan nilai ekonominya tinggi. Bisa jadi banyak orang yang mendadak jadi petani ganja. Tidak ada lagi petani yang nyawah, tidak ada yang menanam sayuran, dan buah-buahan," katanya.

Selanjutnya, Santi desak legalisasi ganja medis:

Simak Video 'Perjuangan Bu Santi Ganja Medis: Dikaji DPR-MUI Diminta Buat Fatwa':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT