ADVERTISEMENT

Aksi Polisi Gadungan Ancam Tembak Warga Berakhir di Balik Jeruji

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 29 Jun 2022 06:35 WIB
RZ (22) polisi gadungan di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.
RZ (22), polisi gadungan di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang. (Foto: dok. Istimewa)
Tangerang -

Aksi polisi gadungan di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, berakhir di balik jeruji. Pelaku, seorang pemuda berinisial RZ (22), mengaku-aku sebagai polisi untuk melakukan pemerasan.

RZ melakukan 'razia' kepada anak baru gede (ABG) yang sedang nongkrong. Dia mengancam akan menembak dan membawa korban ke 'kantor polisi' dengan tuduhan narkoba.

Padahal ujung-ujungnya ia melakukan pemerasan. Pelaku memaksa korban menyerahkan handphone setelah mengancam akan menembak keponakannya.

"Benar, telah ditangkap seorang pria berinisial RZ yang diduga telah melakukan pemerasan dengan mengaku sebagai anggota polisi, dengan menggunakan kaus bertulisan 'polisi' setelah melakukan pemerasan kepada YK (19)," kata Kapolsek Tigaraksa AKP Hengki Kurniawan dalam keterangannya, Selasa (28/6/2022).

Aksi RZ berakhir setelah korban YK melapor polisi. Berikut fakta-fakta aksi polisi gadungan yang berakhir di balik jeruji:


Pelaku Melakukan 'Razia' dengan Sasaran ABG

Kanit Polsek Tigaraksa AKP Subarjo mengatakan pelaku tidak memiliki sasaran khusus. Tetapi, rata-rata korbannya adalah ABG nongkrong yang diduga hendak mau tawuran.

"Ngacak dia. Dia kan sasarannya ABG yang di jalan yang kayak mau tawuran gitu dicek-cek gitu loh," kata Subarjo saat dihubungi wartawan, Selasa (28/6/2022).

Pelaku Beraksi Memakai Kaus Polisi

RZ melakukan tipu muslihat kepada korban. Untuk meyakinkan korban, dia beraksi dengan memakai kaus polisi warna cokelat yang dia beli.

"Ngaku polisi pakai kaus polisi, kaus cokelat tulisannya 'POLISI'. Pakai celana panjang, itu terus memeras minta handphone korban," kata Subarjo.

Soal dari mana pelaku mendapat kaus polisi, Subarjo mengatakan belum mendapatkan informasi lebih lanjut.

"Beli, dia mah beli. Tapi beli di mananya belum ditanyakan," ungkapnya.

Baca di halaman selanjutnya: pelaku mengancam akan menembak korban jika melawan

Simak juga 'Brimob Gadungan Ditangkap di Deli Serdang, Bercita-cita Jadi Polisi':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT