ADVERTISEMENT

Aksi Polisi Gadungan 'Razia' ABG Tangerang, Periksa KTP-Ancam Tembak

Khairul Ma'arif - detikNews
Selasa, 28 Jun 2022 19:13 WIB
RZ (22) polisi gadungan di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.
RZ (22) polisi gadungan di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang (Foto: dok. Istimewa)
Tangerang -

Seorang pria inisial RZ (22) ditangkap polisi karena mengaku-aku sebagai anggota kepolisian. Pelaku berlagak seperti polisi yang akan melakukan razia dengan menyasar anak baru gede (ABG) yang sedang nongkrong.

Kanit Reskrim Polsek Tigaraksa AKP Subarjo mengatakan pelaku berpura-pura memeriksa KTP korban. Pelaku mengancam akan menembak korban jika tidak ikut ke 'kantor polisi'.

"Dia mah ngancem. Jika nggak mau, nanti dituduh gitu loh. Dibawa ke kantor kalau nggak diancam ditembak," kata Subarjo saat dihubungi, Selasa (28/6/2022).

Padahal itu hanyalah tipu muslihat pelaku. Dalam aksinya, pelaku memakai kaus polisi yang dia beli.

Pelaku mengaku-aku sebagai polisi untuk memeras korban. Pelaku tidak membawa senjata api, tapi cuma menakut-nakuti saja.

"Ngaku polisi pakai kaus polisi, kaus cokelat tulisannya 'POLISI'. Pakai celana panjang, itu terus memeras minta handphone korban," katanya.

"Digeledah tidak ada (senpi). Dia cuma dia pura-pura ditembak gitu, merogoh pinggang tapi tidak bawa apa-apa," sambungnya.

Dalam beraksi, pelaku tidak memiliki sasaran khusus, yang penting ABG sedang nongkrong.

"Ngacak dia. Dia kan sasarannya ABG yang di jalan yang kayak mau tawuran gitu dicek-cek gitu loh," katanya.

Soal dari mana pelaku dapat kaus polisi, Subarjo mengatakan belum mendapatkan informasi lebih lanjut.

"Beli, dia mah beli. Tapi beli di mananya belum ditanyakan," ungkapnya.

Sebelumnya, Polsek Tigaraksa menangkap polisi gadungan berinisial RZ (22). RZ ditangkap karena memeras warga di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.

Salah satu korban RZ adalah remaja YK (19), warga di Kampung Kedongdong, Desa Pasirnangka, Tigaraksa. Pelaku melakukan aksinya pada Selasa (21/6) sekitar pukul 20.30 WIB,

RZ ditangkap di Jl Aria Jaya Santika, Desa Pasirnangka, Tigaraksa, pada Sabtu (25/6). Polisi menyita sejumlah barang bukti, salah satunya handphone YK dari tangan RZ.

(mea/mea)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT