ADVERTISEMENT

Jokowi Minta Semua Negara G7 Hadir di KTT G20 Bali

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Rabu, 29 Jun 2022 01:06 WIB
Jakarta -

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta negara kelompok G7 untuk hadir dalam KTT G20 di Bali akhir tahun nanti. Permintaan itu disampaikan Jokowi saat menghadiri KTT G7 di Jerman.

Negara yang masuk sebagai anggota G7 yakni Amerika Serikat, Jerman, Perancis, Italia, Kanada, Jepang dan Inggris. Ketujuh negara tersebut juga merupakan bagian dari anggota G20.

"Bapak Presiden meminta dukungan dan kehadiran semua negara G7 di KTT G20," kata Retno seperti dilihat dalam konferensi pers yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (29/6/2022).

Dalam forum tersebut, Retno menuturkan Jokowi memfokuskan pada isu pangan. Jokowi kata Retno mewanti-wanti terjadinya ancaman kelaparan di negara berkembang akibat kemiskinan ekstrem.

"Bapak Presiden memfokuskan isu tanah di dalam statmennya. Bahwa rakyat di negara berkembang terancam kelaparan dan jatuh ke jurang kemiskinan ekstrem," ujarnya.

"Menurut data dari World Food Programme, 323 juta orang di tahun 2022 menghadapi kerawanan pangan akut. Ini permasalahan hak asasi manusia yang paling mendasar di mana perempuan dan keluarga miskin yang paling terkena dampak menghadapi kekurangan pangan," lanjutnya.

Retno menyampaikan pesan Jokowi perlunya tindakan dan solusi konkrit untuk menyelesaikan persoalan pangan. Mulai dari meningkatkan produksi hingga pasokan pupuk global.

"Bapak Presiden menekankan perlu tindakan yang cepat, untuk mencari solusi kongkrit. Produksi pangan harus ditingkatkan, rantai pasok pangan dan pupuk global harus kembali normal," imbuhnya.

Seperti diketahui, Jokowi saat ini sudah meninggalkan Jerman untuk menuju Polandia. Dari Polandia, Jokowi bertolak menuju Ukraina menggunakan kereta api selama 12 jam.

"Bismillah Presiden @jokowi dalam perjalanan ke Polandia dengan pesawat dan setelah itu langsung ke Ukraina dengan menggunakan kereta api selama 12 jam. Presiden @jokowi akan bertemu dengan Presiden Zelenskyy dan Presiden Putin untuk menjalankan misi perdamaian," tulis Sekretaris Kabinet Pramono Anung lewat akun Instagramnya seperti dilihat detikcom, Selasa (28/6).

Jokowi Bawa Misi Perdamaian

Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Eropa dalam rangka misi perdamaian. Negara yang dikunjungi pertama adalah Jerman dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7.

Setelah dari Jerman, Jokowi mengunjungi Ukraina. Jokowi bakal mendorong perdamaian Rusia dan Ukraina.

"Setelah dari Jerman, saya akan mengunjungi Ukraina dan akan bertemu dengan Presiden Zelensky. Misinya adalah mengajak Presiden Ukraina, Presiden Zelensky, untuk membuka ruang dialog dalam rangka perdamaian, untuk membangun perdamaian, karena memang perang harus dihentikan dan juga yang berkaitan dengan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali," ujar Jokowi dalam pernyataan pers, Minggu (26/6).

Selanjutnya, Jokowi juga akan menuju Rusia untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin. Pada kesempatan tersebut, Jokowi bakal meminta Putin menghentikan perang.

(dek/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT