ADVERTISEMENT

JakPro Ungkap Biaya Perawatan-Operasional JIS Capai Rp 60 M Per Tahun

Nahda Rizki Utami - detikNews
Selasa, 28 Jun 2022 16:50 WIB
bali united u-18 vs atletico amdrid u-18,
JIS (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

PT Jakarta Propertindo (JakPro) mengungkap biaya perawatan dan operasional Jakarta International Stadium (JIS) mencapai Rp 60 miliar per tahun. Direktur Utama PT JakPro Widi Amanasto menjelaskan rincian kebutuhan pemeliharaan operasional JIS tersebut.

"Per tahunnya sekitar Rp 50-an (miliar), Rp 60-50 (miliar) itu adalah biaya seperti pemeliharaan, operasional house keeping, security, mechanical, electrical," kata Widi dalam rapat dengan Komisi E DPRD DKI Jakarta, Selasa (28/6).

Widi juga bicara soal lampu-lampu di JIS yang harus diganti sesuai dengan kebutuhannya. Termasuk pembiayaan asuransi yang masuk pos anggaran pemeliharaan puluhan miliar tersebut.

"Kalau ada lampu, itu harus diganti. Termasuk kepada utilitas juga. Asuransi bangunan juga masuk ke situ. Itu memasuki operasional dan maintenance. Itu rutin," jelas Widi.

Sementara itu, Direktur JakPro Gunung Kartiko menjelaskan soal depresiasi atau biaya yang timbul karena adanya penggunaan aset tetap yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Gunung mengatakan biaya depresiasi dan operasional JIS lebih dari Rp 200 miliar per tahunnya.

"Dari sisi masterplan development kita bisa lihat bahwa ada beberapa area pengembangan yang sebenarnya kami planning untuk menutup tadi yang disampaikan oleh Pak Widi, depresiasi yang cukup besar dan biaya operation maintenance yang cukup besar," ujar Gunung.

"Kami hitung biaya depresiasi dan operasi maintenance itu lebih dari Rp 200 miliar per tahun. Paling besar memang depresiasi Rp 150 miliar itu yang mungkin harus kita bahas bersama dari mana kami bisa mendapatkan revenue untuk menutup tersebut," imbuhnya.

Simak juga video 'Ini Alasan Anies Undur Waktu Peresmian JIS':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT