ADVERTISEMENT

Mahasiswa Demo Tolak RKUHP di DPR, Lalin Jalan Gatot Subroto Macet

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Selasa, 28 Jun 2022 15:29 WIB
Jakarta -

Kelompok mahasiswa menggelar demonstrasi di depan gedung MPR/DPR. Arus lalu lintas di Jalan Gatot Subroto dari arah Semanggi menuju Slipi terpantau macet karena ada massa aksi.

Pantauan detikcom di depan gedung MPR/DPR, Selasa (28/6/2022), massa mahasiswa mulai berdatangan sekitar pukul 15.10 WIB. Massa tampak mengenakan jas almamater kampus dan membawa atribut demo seperti spanduk dan poster.

"Tolak RKUHP!" demikian tertulis dalam salah satu spanduk yang dibentangkan mahasiswa.

Polisi tampak berjaga dan mengatur arus lalu lintas di Jalan Gatot Subroto. Tampak kemacetan dari Semanggi menuju Slipi karena kendaraan hanya bisa melintasi satu lajur di jalan tersebut.

Sebelumnya, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) menyatakan akan melakukan demonstrasi di depan gedung DPR RI, Jakarta. Aksi tersebut dilakukan demi mendesak agar draf RKUHP dibuka ke publik.

Demonstrasi mahasiswa menolak RKUHP di depan DPR (Rizky-detikcom)Demonstrasi mahasiswa menolak RKUHP di depan DPR (Rizky/detikcom)

BEM UI melalui akun Twitter-nya mengunggah ajakan untuk demonstrasi di Senayan dengan tagar #SemuaBisaKena. BEM UI mengkritik pembahasan RKUHP yang dinilai tidak transparan.

"Sudah cukup penantian kita, kawan-kawan, untuk mendapat kejelasan berupa transparansi dan keadilan demokrasi dari, 'kitab kepentingan' RKUHP!," tulis BEM UI melalui akun Twitternya, seperti dilihat detikcom, Senin (27/6).

(haf/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT