ADVERTISEMENT

Kenapa DKI Baru Cek Izin Holywings Setelah Ramai Promo Miras?

Dwi Andayani, Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 28 Jun 2022 08:14 WIB
Holywings Gunawarman Jakarta Selatan masih beroperasi malam ini.
Salah satu outlet Holywings di Jakarta. (Wildan/detikcom)
Jakarta -

Permasalahan izin usaha Holywings di Jakarta baru terungkap setelah kisruh promo minuman keras (miras) bagi Muhammad-Maria mencuat. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkap bahwa pihaknya mengecek izin usaha Holywings setelah heboh promo miras tersebut.

"Ya memang setelah dicek ada beberapa syarat yang tidak memenuhi administrasinya. Memang kan semua itu kan perlu ada evaluasi pengecekan, memang berawal dari kasus promo miras," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Senin (27/6/2022).

Riza mengatakan atas ketidaklengkapan administrasi itu dikeluarkan rekomendasi untuk Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) mencabut izin usaha Holywings.

"Atas dasar itu kami merekomendasikan PTSP, PTSP merekomendasikan ke BKPN sesuai UU Ciptaker (UU Cipta Kerja)," ucap Riza.

"Terkait ada administrasi, izin-izin yang belum lengkap itu juga menjadi salah satu penyebabnya," imbuhnya.

Lalu, mengapa Pemprov DKI baru mengecek izin usaha Holywings setelah ada kisruh promo miras? Hal itu dipertanyakan oleh Fraksi Gerindra DPRD DKI.

"Iya memang apa pun alasannya bertepatan dengan moment yang pas, secara logika kalau memang ada hal yang salah pada perizinan kenapa harus nunggu moment yang tepat untuk ditindak, ya kan?" ujar Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Rani Maulani saat dihubungi, Senin (27/6).

Diketahui, Pemprov DKI mencabut izin usaha semua outlet Holywings yang ada di Jakarta. Pencabutan izin dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI.

Pencopotan dilakukan berdasarkan rekomendasi dan temuan pelanggaran dari dua organisasi perangkat daerah (OPD), yakni Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta serta Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM (DPPKUKM) Provinsi DKI Jakarta. Total ada 12 outlet Holywings di Jakarta yang izinnya dicabut.

Berikut ini ke-12 outlet Holywings di Jakarta yang dicabut izin usahanya:

1. Holywings yang berada di Kelurahan Tanjung Duren Utara
2. Holywings Kalideres
3. Holywings di Kelapa Gading Barat
4. Tiger
5. Dragon
6. Holywings PIK
7. Holywings Reserve Senayan
8. Holywings Epicentrum
9. Holywings Mega Kuningan
10. Garison
11. Holywings Gunawarman
12. Vandetta Gatsu

Simak Video 'Kontroversi Promo Holywings: Digeruduk Ormas, Izin Usaha di DKI Dicabut':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/fas)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT