ADVERTISEMENT

Kemendagri 2 Pekan Bantu Warga DKI Ganti KTP Usai Perubahan Nama Jalan

Dwi Andayani - detikNews
Selasa, 28 Jun 2022 06:47 WIB
dirjen dukcapil Zudan Arif Fakrulloh
Dirjen dukcapil Zudan Arif Fakrulloh (Foto: 20Detik)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengubah sejumlah nama jalan di ibu kota dengan tokoh Betawi. Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) siap membantu puluhan ribu warga DKI yang ingin mengubah KTP elektronik.

"Info dari DKI untuk KTP elektronik sekitar 50 ribuan," ujar Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh kepada wartawan, Senin (27/6/2022).

Dukcapil DKI Jakarta, lanjutnya, masih didata. Nantinya Dukcapil akan mulai melakukan jemput bola pada Rabu (29/6) mendatang.

"Hari ini masih menginventarisir terkait pendataan, insyaallah Rabu akan kami mulai jemput bola. Hari ini masih rapat mengikuti rapat pagi ini di tingkat asisten provinsi untuk mendapat arahan lebih lanjut," ujar Zudan.

Disebutkan jemput bola ini akan dilakukan Dukcapil selama 2 minggu. Ia juga memastikan penggantian KTP gratis.

"Kita akan lakukan layanan jemput bola selama 2 minggu. Gratis untuk perubahan dokumen kependudukan," tuturnya.

Anies Sebut Pergantian Nama Jalan Takkan Repotkan Warga

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan warga tidak dibebani biaya dalam mengurus dokumen kependudukan buntut nama jalan diganti. Dia mengatakan perubahan data kependudukan dan data lainnya akan dilakukan secara bertahap.

"Terkait dengan adanya perubahan nama-nama jalan di Jakarta yang perubahan ini konsekuensi yang diduga membebani masyarakat, kami ingin tegaskan bahwa semua perubahan itu tidak membebani biaya maupun yang lain," kata Anies, Senin (27/6).

"Perubahan itu semua yang masih tercatat tetap berlaku dan sambil jalan nanti bertahap dilakukan perubahan. Jadi misalnya kependudukan ketika mengurus KTP baru maka bisa berganti dengan nama jalan yang baru," lanjutnya.

Anies menuturkan, bagi warga yang nama jalannya diubah dan belum melakukan perubahan, data lama masih tetap berlaku. Dia menyebut warga juga bisa langsung melakukan perubahan dengan mendatangi kantor Disdukcapil.

Anies berharap tidak ada lagi kesimpangsiuran di masyarakat terkait perubahan nama jalan. Dia ingin masyarakat tetap tenang.

"Jadi semua aspek itu insyaallah tidak akan membebani dan kita berharap dengan begitu, kesimpangsiuran informasi yang sempat kemarin muncul bisa diklarifikasi sehingga masyarakat merasa tenang dan kami bisa memberikan kepastian kepada semuanya," kata Anies.

Simak Video 'Anies Ganti Nama Jalan di Jakarta: Ini Tak Selesai di Sini':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT