ADVERTISEMENT

Nikita Mirzani Serahkan Rekaman Polisi Datangi Rumahnya ke Propam

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Senin, 27 Jun 2022 18:47 WIB
Nikita Mirzani di Polri (Azhar-detikcom)
Nikita Mirzani di Polri (Azhar/detikcom)
Jakarta -

Nikita Mirzani diperiksa Propam Polri terkait aduannya terhadap penyidik Satreskrim Polresta Serang Kota yang dinilai tidak profesional. Nikita menyerahkan bukti berupa rekaman saat rumahnya didatangi polisi.

"Niki juga melampirkan beberapa bukti yang saya bawa, termasuk ada rekaman beberapa rekaman kejadian pada tanggal 15 (Juni) subuh sampai jam sekian sudah kami lampirkan semua," kata pengacara Nikita Mirzani, Fachmi Bachmid, di gedung TNCC Polri, Jakarta Selatan, Senin (27/6/2022).

Fachmi mengatakan kliennya dicecar 40 pertanyaan. Nikita diperiksa selama kurang lebih 5 jam.

"Jadi Niki memenuhi panggilan dimintai klarifikasi atas pengaduannya atau yang ke yanduan masyarakat. Tadi Niki udah dimintai keterangan sekitar hampir 40 pertanyaan di mana Niki sudah menjelaskan A sampai Z," kata Fachmi.

Fachmi enggan menyampaikan detail soal materi pemeriksaan ini. Menurutnya, materi pemeriksaan merupakan wewenang Propam.

"Intinya Niki sudah menyerahkan sepenuhnya, prosesnya juga terkait dengan apa yang menimpa dirinya, apa postingan-postingan semua udah dijelaskan secara mendetail tadi, cukup lama, karena memang satu per satu ditanya karena memang ini pemeriksaan terkait kepada internal istilahnya, saya tidak bisa sampaikan isinya apa saja," ujarnya.

Sebelumnya, Nikita Mirzani menyebut penyidik Satreskrim Polresta Serang Kota tak profesional dalam menangani sebuah perkara yang melibatkan dia sebagai terlapor. Nikita mengadukan hal tersebut ke Propam Polri.

Nikita hadir didampingi oleh pengacaranya, Fachmi Bachmid, dan telah membuat laporan tersebut pada siang ini, Rabu (22/6). Laporan tersebut terdaftar pada Nomor: SPSP2/3542/VI/2022/Bagyanduan.

"Jadi Niki minta perlindungan hukum dan keadilan adanya dugaan kriminalisasi dan ketidakprofesionalan. intinya seperti itu. Materinya seperti apa, ada sekitar sembilan halaman, tadi kita sampaikan berikut lampiran-lampirannya," kata Fachmi kepada wartawan, Rabu (22/6).

Fachmi tak mau menyebut siapa anggota kepolisian yang diadukan ke Propam. Namun, di surat pengaduan tersebut, tertera bahwa Nikita Mirzani mengadukan soal permohonan perlindungan hukum dan keadilan atas dugaan kriminalisasi dan ketidakprofesionalan serta tindakan sewenang-wenang yang dilakukan penyidik Satreskrim Polresta Serang Kota dalam menangani laporan polisi nomor LP/B/263/2022/SPKTC/Polresta Serang Kota/Polda Banten, tanggal 16 Mei 2022 atas nama pelapor Mahendra Dito.

Fachmi juga mengatakan aduan ini juga mencakup proses penjemputan Nikita pada 15 Juni 2022 dini hari. Dia menyebut kliennya meminta keadilan kepada Propam.

"Sehingga timbul permasalahan pada tanggal 15, tiba-tiba datang di rumahnya Niki jam 3 pagi, ya itulah kita laporkan semua permasalahannya dan Niki minta keadilan," katanya.

(azh/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT