ADVERTISEMENT

Garuda Buka Suara Penyebab Pesawat Jokowi Berputar di Perbatasan Turki

Gibran Maulana - detikNews
Senin, 27 Jun 2022 17:43 WIB
Jokowi Bertolak ke Eropa
Presiden Jokowi (Biro Pers Sekretariat Presiden).
Jakarta -

Pesawat Presiden Joko Widodo (Jokowi) terpantau berputar di perbatasan Turki. Jokowi menumpangi pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GIA-1. Garuda Indonesia buka suara.

Dalam situs Flightradar24, terlihat garis ungu rute penerbangan dari Bandara Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Pesawat itu berangkat dari Soetta sekitar pukul 10.36 WIB.

Pesawat Jokowi, seperti di situs tersebut, terlihat memutar arah 360 derajat setelah memasuki perbatasan Turki. Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menegaskan tidak ada masalah dalam penerbangan Presiden Jokowi.

"Hal itu berkaitan dengan waktu ketibaan di Munich, Jerman, di mana pesawat GIA-1 diperkirakan tiba lebih cepat dari slot waktu yang disediakan," kata Irfan saat dikonfirmasi detikcom, Senin (27/6/2022).

Irfan mengatakan pilot sengaja melakukan holding agar ketibaan Jokowi sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Aspek keselamatan dan kenyamanan penerbangan diutamakan.

"Agar kedatangan pesawat GIA-1 sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, pilot melakukan holding guna menyesuaikan waktu ketibaan dengan tetap mengutamakan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan," ujar Irfan.

Penjelasan Istana

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menjelaskan, penyesuaian waktu dalam penerbangan telah disetujui oleh Sesmilpres Marsda TNI M Tonny Harjono. Aspek keselamatan dan keamanan juga sudah dipertimbangkan.

"Hal itu sudah dikomunikasikan dan disetujui Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M Tonny Harjono yang turut serta dalam penerbangan tersebut," ujar Bey.

Jokowi Sudah di Jerman

Presiden Jokowi dan Ibu Irana Joko Widodo beserta rombongan tiba di Munich International Airport, Munich, Jerman. Jokowi yang menumpangi pesawat Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GIA-1 mendarat setelah menempuh penerbangan kurang lebih 13 jam.

Berdasarkan keterangan dari Biro Pers Sekretariat Presiden, Senin (27/6/2022), Jokowi tiba di Munich sekitar pukul 18.40 waktu setempat, Minggu (26/6). Cuaca cerah khas musim panas sekitar 28 derajat Celsius menyambut kedatangan Jokowi dan rombongan di Munich, ibu kota negara bagian Bavaria, Jerman.

Simak Video: Komisi I DPR Harap Kunker Jokowi ke Rusia-Ukraina Wujudkan Perdamaian

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT