ADVERTISEMENT

Spesifikasi Heli Sikorsky CH53 yang Ditumpangi Jokowi di KTT G7

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 27 Jun 2022 17:14 WIB
Jokowi Terbang ke Lokasi G7 di Jerman
Jokowi menaiki helikopter Sikorsky CH53 selama kurang lebih 30 menit penerbangan bersama Perdana Menteri India Narendra Modi. (Foto: dok. Biro Pers Sekretariat Presiden Jokowi)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 ke-48 di Schloss Elmau, Pegunungan Alpen Bavaria, Jerman. Jokowi menuju lokasi dengan menggunakan helikopter militer tipe Sikorsky CH53. Bagaimana spesifikasinya?

Dikutip dari laman Sikorsky Archives, helikopter militer tipe Sikorsky CH53 merupakan helikopter produksi produsen pesawat AS, Sikorsky Aircraft. Awalnya, helikopter ini dipakai untuk kepentingan Korps Marinir AS. Namun, dalam perjalanannya, helikopter militer ini juga dipakai untuk pengembangan.

Sikorsky CH53 merupakan versi yang lebih bertenaga dari Sikorsky S-80E. Helikopter ini memiliki kecepatan 170 knot (196 mil per jam) dengan berat kotor hingga 35.000 pound.

Diketahui Jokowi menaiki helikopter Sikorsky CH53 selama kurang lebih 30 menit penerbangan bersama Perdana Menteri India Narendra Modi.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Senin (27/6/2022), Jokowi akan mengikuti rangkaian KTT G7 mulai penyambutan resmi oleh Kanselir Jerman, sesi pertemuan, hingga jamuan makan malam. Selain itu, Jokowi dijadwalkan akan mengadakan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara, yaitu Kanselir Jerman, Presiden Prancis, Perdana Menteri India, Presiden Senegal, dan Perdana Menteri Kanada.

Setelah seluruh rangkaian KTT G7 selesai, Jokowi kemudian akan kembali ke Munich dengan menggunakan helikopter yang sama.

Untuk diketahui, Jokowi hadir dalam KTT G7 sebagai negara mitra G7 bersama 4 pemimpin lainnya, yaitu Presiden Argentina, Perdana Menteri India, Presiden Senegal, dan Presiden Afrika Selatan. Indonesia hadir sekaligus sebagai Presidensi G20.

Apa misi Jokowi di sana? Baca halaman selanjutnya.

Simak Video: Momen Pemimpin G7 Olok-olok Putin Telanjang Dada Naik Kuda

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT