ADVERTISEMENT

NasDem Belum Tanya Anies, Ganjar dan Andika Mau Jadi Capres atau Tidak

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Senin, 27 Jun 2022 15:47 WIB
Ketua Umum Surya Paloh di Rakernas NasDem
Suasana Rakernas NasDem (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)
Jakarta -

Waketum Partai NasDem Ahmad Ali menyebut tiga bakal calon presiden (capres) yang diumumkan pada Rakernas lalu belum tentu menjadi capres. Namun Ali mengatakan bakal memperjuangkan nama-nama itu untuk menjadi capres di Pilpres 2024.

"Ya, nggak tahu (dapat tiket capres). Kan, kami perjuangkan dirinya untuk maju jadi capres. NasDem mencoba menawarkan. NasDem baru mengusulkan tiga bacalon yang punya bobot yang sama," kata Ali kepada wartawan, Senin (27/6/2022).

Sebagai informasi tiga bakal capres yang disepakati di Rakernas NasDem itu ialah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.

Kembali ke Ali, dia mengatakan tiket capres untuk ketiganya akan ditentukan dari hasil komunikasi dengan partai lain yang nantinya berkoalisi dengan NasDem. Dia mengatakan siapa yang akan diusung sebagai capres tergantung pada kesepakatan bersama parpol lain.

"Nah, ketiga (nama itu) akan kami tawarkan ke parpol lain. Nanti dilihat siapa yang bisa diterima parpol untuk diusung bersama," kata anggota Komisi Hukum DPR itu.

Ali mengatakan NasDem belum menawarkan ketiga nama itu kepada partai-partai lain terkait koalisi. Dia mengatakan NasDem dan parpol yang nantinya berkoalisi juga harus memastikan tiga nama itu bersedia jika diusung menjadi capres 2024.

"Kita tentunya belum menawarkan. Karena kita akan menanyakan kepada ketiganya. Kita menawarkan kepada parpol, tiba-tiba salah satu dari mereka menolak, bagaimana," katanya.

Ali mengatakan NasDem masih dalam tahap menyamakan pandangan dengan partai-partai lain soal koalisi. Setelah ada kesamaan pandangan, katanya, baru lah tiga bakal capres itu diundang.

"Setelah ada kesamaan pandangan, pikiran dengan partai-partai koalisi, kita akan mengundang bakal capres tersebut," katanya.

Ali juga bicara soal perkembangan pembahasan koalisi. Dia menyebut NasDem memiliki banyak kesamaan pandangan dengan partai-partai yang telah ditemuinya.

"Nah, alhamdulillah dari tiga pertemuan ini lebih banyak persamaannya daripada perbedaannya. Kita tidak tahu siapa apakah ke siapa, Anies, Ganjar, atau Andika. Kita tidak tahu. Tapi yang pasti persamaannya lebih banyak daripada perbedaannya," kata Ali.

Dia menyebut NasDem belum berencana menemui Anies, Ganjar, ataupun Andika terkait bakal capres tersebut. Dia mengatakan bakal menggelar pertemuan dengan para jagoannya setelah ada kesamaan pandangan dengan partai koalisi.

"Setelah ada kesamaan pandangan, pikiran dengan partai-partai koalisi kita akan mengundang bakal capres tersebut," kata mantan Ketua Fraksi NasDem DPR itu.

(fca/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT