ADVERTISEMENT

BAZNAS Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana di Kabupaten Bogor

Dea Duta Aulia - detikNews
Senin, 27 Jun 2022 15:19 WIB
Baznas
Foto: Baznas
Jakarta -

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyalurkan 150 makanan siap saji dan menerjunkan tim penyelamat untuk membantu korban bencana longsor dan banjir bandang di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tim tersebut disebar di 3 titik, seperti Kampung Tanjung Sari Pojok Desa Purwakarta, Desa Cisarua Kecamatan Leuwiliang, dan Desa Cibunian Kecamatan Pamijahan.

Sebelumnya, pada Rabu (22/6/2022) malam, hujan berintensitas tinggi menyebabkan bencana banjir dan longsor di kawasan tersebut. Akibat bencana tersebut sejumlah rumah dan jalan tertutup tumpukan lumpur, serta merenggut korban jiwa.

"BAZNAS turut prihatin dan berbelasungkawa atas bencana yang terjadi. BAZNAS memberi respons cepat dalam memberikan aksi kemanusiaan bencana banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Bogor. Sejak hari Kamis, BAZNAS telah melakukan asesmen dan berkoordinasi dengan tim penyelamat lain demi membantu korban terdampak," kata Pimpinan BAZNAS RI Saidah Sakwan dalam keterangan tertulis, Senin (27/6/2022).

Selain disebar di 3 titik, ia menjelaskan tim yang diturunkan memiliki tugas untuk membantu membuka akses jalan tertimbun longsor di Kampung Tanjung Sari Pojok dan melakukan evakuasi korban bencana di Desa Cibunian.

"Dapur air untuk mencukupi kebutuhan warga terdampak dan relawan yang bertugas juga telah BAZNAS dirikan di Desa Cisarua, Kecamatan Leuwiliang dan Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan," ujarnya.

Saidah menuturkan pihaknya turut memberikan pendampingan psikososial kepada korban bencana alam tersebut. Melalui pendampingan tersebut diharapkan para korban bencana alam bisa bangkit dari masalah tersebut.

"Salah satu yang menjadi fokus adalah bagaimana membangkitkan warga terdampak pascabencana. Efek yang ditimbulkan justru hadir setelah bencana melanda. BAZNAS berkomitmen membantu proses pemulihan korban bencana, seperti yang sudah dilakukan selama ini di berbagai daerah. Misalnya di Kabupaten Lumajang, korban bencana erupsi Semeru kami fasilitasi dari sisi psikososial, agar menghapus trauma setelah bencana yang terjadi, terutama bagi anak-anak," katanya.

Ia menuturkan, sejumlah bantuan tersebut disalurkan berkat donasi dari para donatur di BAZNAS.

"Terima kasih banyak atas donasi yang diberikan para donatur melalui BAZNAS. Donasi yang diberikan sangatlah berarti untuk membantu proses pemulihan para warga terdampak bencana," tutup Saidah.

(ega/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT