ADVERTISEMENT

Ini Posisi Sesar Baribis, Disebut Berpotensi Picu Gempa di Selatan Jakarta

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 27 Jun 2022 12:32 WIB
Seismograph with paper in action and earthquake - 3D Rendering
Foto: Ilustrasi gempa (Getty Images/iStockphoto/Petrovich9)
Jakarta -

Sebuah studi mengungkap bahwa Sesar Baribis yang berada di selatan Jakarta disebut aktif. Dimana posisi Sesar Baribis ini?

Sebagaimana diketahui, studi tentang keaktifan Sesar Baribis ini dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Scientific Reports (Nature) dengan judul 'Implications for fault locking south of Jakarta from an investigation of seismic activity along the Baribis fault, northwestern Java, Indonesia'. Penelitinya adalah S Widyantoro dari ITB dan P Supendi dari BMKG. Keduanya juga berkolaborasi dengan ilmuwan dunia lainnya.

S Widyantoro dan kawan-kawan dalam studinya tersebut mengungkap bahwa Sesar Baribis kemungkinan aktif. Sesar ini berada di barat laut Pulau Jawa.

"Penyebaran seismik lubang bor baru-baru ini yang dilakukan di sepanjang Sesar Baribis di barat laut Jawa mengungkapkan bahwa itu mungkin aktif," tulisnya.

Berdasarkan studi GPS di wilayah selatan, tampak ada tingkat gelombang naik (kompresi) yang tinggi.

Dari studi ini juga terungkap bahwa Sesar Baribis barat masih terkunci. Namun, Sesar ini rentan untuk daerah Jakarta Selatan dan sekitarnya. Daerah tersebut rentan terhadap bencana gempa bumi.

"Pengamatan ini menyiratkan bahwa Sesar Baribis barat terkunci, dan bahwa daerah sekitarnya, termasuk Jakarta Selatan dan sekitarnya, mungkin sangat rentan terhadap gempa bumi yang cukup besar di masa depan ketika akumulasi energi regangan elastis akhirnya dilepaskan selama patahan patahan," ungkapnya.

S Widyantoro membuat ilustrasi titik Sesar Baribis yang mengancam wilayah selatan Jakarta dan sekitarnya. Berikut ini gambar ilustrasinya.

Sesar Baribis diambil dari Simandjuntak & Barber (Jurnal Nature) Foto: Sesar Baribis diambil dari Simandjuntak & Barber (Jurnal Nature)

Garis hitam dengan gigi gergaji melambangkan Sesar Baribis. Sisipan kiri bawah menunjukkan lokasi Jawa Barat bagian barat (persegi panjang merah) terhadap wilayah Indonesia. Sisipan kanan atas menunjukkan lokasi daerah penelitian (persegi panjang biru) terhadap Jawa Barat bagian barat.

Lihat video '3 Info Terkini soal Sesar Baribis yang Berpotensi Picu Gempa di Jakarta':

[Gambas:Video 20detik]



Apa tanggapan BMKG? Baca halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT