ADVERTISEMENT

RK ke Calhaj di Bekasi: Syukuri Nikmat Berhaji, Ada yang Nunggu 32 Tahun

Fakhri Fadlurrohman - detikNews
Senin, 27 Jun 2022 10:36 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Fakhri/detikcom)
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyambut 410 calon anggota jemaah haji asal Jawa Barat di Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Bekasi, Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Ridwan Kamil mengatakan para calon jemaah haji asal Jawa Barat diberi kemudahan dengan akses penginapan yang berdekatan dengan Masjidil Haram.

"Jemaah haji Jawa Barat alhamdulillah, Bapak-Ibu kami tempatkan maksimal hanya 1.500 meter dari Ka'bah, dari Masjidil Haram, kalau jalan maksimal 7 menit lah kira-kira begitu ya, dan terdekat hanya 500 meter 500 meter kaya ke cai (WC), itu adalah rezeki Bapak-Ibu," ucap Ridwan Kamil saat menyampaikan sambutan, Senin (27/6/2022).

Ridwan Kamil berpesan kepada para calon anggota jemaah haji untuk mempersiapkan fisik dan pikiran. Menurutnya, jemaah harus berpikir positif selama melaksanakan ibadah haji.

"Ibadah yang paling menuntut fisik itu adalah ibadah haji ya. Banyak jalan kakinya, bertemu panasnya, itu ujian fisik yang harus kita antisipasi. Badan itu gimana pikiran kalau pikiran bilang sehat, maka badan itu akan mengikuti tapi kalau pikiran juga sudah pesimis sudah lemah, orang sehat pun terasa lemah," tuturnya.

Selain itu, menurut Ridwan Kamil, kloter haji untuk jemaah asal Jawa Barat menjadi salah satu yang terlama mendapatkan kuota haji. Dia menyebut para calon jemaah harus menunggu hingga 32 tahun.

"Syukuri juga nikmat kesempatan berhaji, nunggu supaya duduk di sini siap pergi itu. Subhanallah ya banyak sekali yang beribu-ribu, ada yang nunggu 15 tahun 20 tahun dan yang terlama 32," ucapnya.

Diketahui jumlah total calon jemaah haji asal Jawa Barat berjumlah 17.566 yang akan diberangkatkan pada tahun ini.

Lihat juga video 'Harap Sabar! Masa Tunggu Naik Haji di Yogyakarta Capai 31 Tahun':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/knv)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT