ADVERTISEMENT

5 Ton Ikan Gagal Panen Akibat Banjir Bandang di Pamijahan Bogor

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Senin, 27 Jun 2022 09:29 WIB
Kolam ikan warga rusak-gagal panen akibat banjir bandang di Pamijahan, Kabupaten Bogor.
Kolam ikan warga rusak-gagal panen akibat banjir bandang di Pamijahan, Kabupaten Bogor. (Foto: dok. BPBD Kabupaten Bogor)
Bogor -

Banjir bandang yang menerjang beberapa wilayah di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, mengakibatkan perkebunan hingga kolam ikan warga rusak. 5 ton ikan gagal panen akibat banjir bandang tersebut.

"Sebanyak tiga kolam rusak dengan total ikan siap panen sebanyak kurang lebih 5 ton. Ludes kemungkinan (ikannya)," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Aris Nurjatmiko melalui keterangannya, Senin (27/6/2022).

Selain itu, sektor perkebunan dan persawahan warga juga terkena dampaknya. Ribuan meter lahan warga jadi korban.

"Luas terdampak kurang lebih 5.700 m2 sawah dan 10.600 m2 kebun palawija," ungkapnya.

Data terkini BPBD Kabupaten Bogor juga menunjukkan sebanyak 13 rumah rusak berat. Serta, 4 rumah rusak sedang dan 33 rumah rusak ringan akibat bencana tersebut.

Diketahui, banjir bandang terjadi pada Rabu (22/6) malam lalu. Banjir bandang di Pamijahan, Bogor, diakibatkan oleh intensitas hujan yang tinggi, serta luapan air sungai di sekitar lokasi

"Dikarenakan hujan dengan intensitas tinggi serta meluapnya aliran sungai dan anak kali sungai di Desa Cibunian mengakibatkan terjadinya banjir dan tanah longsor di beberapa wilayah," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Aris Nurjatmiko, dalam keterangannya, Kamis (23/6).

Sejumlah fasilitas umum dan rumah warga rusak ringan hingga berat. Bencana tersebut juga menelan korban jiwa dan mengganggu pasokan air bersih di Tangerang.

Lihat juga video 'Ngeri! Cerita Warga Kulon Progo Saat Banjir Bandang Menerjang':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT