ADVERTISEMENT

Pupus Asa Kapolda Metro Gelar Street Race di Sirkuit Formula E

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 26 Jun 2022 22:21 WIB
Polisi memukul mundur massa Pemuda Pancasila (PP) yang demo di depan gedung DPR, Jakarta. Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran hadir ke lokasi.
Foto: Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran. Andhika Prasetia
Jakarta -

Angan-angan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran untuk dapat menggelar street race di Sirkuit Formula E kandas. Panitia Formula E tidak memberikan izin Fadil menggunakan arena itu untuk street race.

Ihwalnya, Fadil menyampaikan ide itu saat membuka acara street race di Meikarta, Kabupaten Bekasi, pada (18/6/2022).

"Di BSD ada lokasi, di Bekasi ada Meikarta, di Jakarta ada Ancol. Mudah-mudahan nanti mimpi saya yang di Ancol, yang kemarin Formula E bisa juga dipakai untuk street race," ucap Fadil.

Tak hanya street race, Fadil juga berencana menggelar road race di Sirkuit Formula E. Dia berharap Pemprov DKI Jakarta bisa mengabulkan imipiannya itu.

"Mudah-mudahan JakPro mendengarkan ini dan juga disetujui oleh pemerintah daerah provinsi. Ke depan Mas Rifat bersama IMI, tentunya bukan hanya drag race, tapi juga ada road race. Karena saya lihat lumayan itu kalau lintasan yang ada di Formula E kemarin bisa dipakai," katanya.

Panitia Formula E Pupus Asa Fadil

Sayangnya, Panitia Formula E secara tegas menolak ide Fadil. Panitia menjelaskan sirkuit tersebut hanya boleh dipakai untuk ajang balapan roda empat.

"Untuk roda dua kemungkinan tidak kita berikan fasilitasnya karena sudah ada penilaian dari FIA bahwa sirkuit itu hanya untuk kendaraan roda empat," kata Ketua Pelaksana Formula E Sahroni di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (24/6/2022).

Penolakan itu menurut Sahroni sudah sesuai dengan aturan FIA atau Federasi Automobil Internasional. Di mana, kendaraan roda dua tidak diperkenankan balapan di sirkuit tersebut.

"Sebenarnya kita appreciate juga terhadap Kapolda yang ingin juga memberikan kesempatan kepada roda dua. Tapi ini ada regulasi dari homologasi FIA, ada grade 3, yang memang itu sirkuit untuk kendaraan roda empat. Jadi kita tidak berlakukan roda dua untuk sirkuit tersebut," papar Sahroni.

Jawaban Fadil setelah ditolak panitia, baca di halaman selanjutnya..

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT