ADVERTISEMENT

30 Tahun Terlantar di Sumut, Kakek Muhadi Akan Dipulangkan ke Jatim

Ahmad Fauzi Manik - detikNews
Minggu, 26 Jun 2022 20:19 WIB
Kakek yang terdampar di Sumut selama 30 tahun, Muhadi
Foto: Kakek yang terdampar di Sumut selama 30 tahun Muhadi (Fauzi Manik/detikSumut)
Jakarta -

Muhadi (72), kakek asal Tulungagung, Jawa Timur (Jatim) selama 30 tahun terlantar di Sumatera Utara (Sumut) setelah terpisah dari keluarganya saat hendak pergi ke Malaysia. Kakek itu akan dipulangkan ke Jatim.

Dilansir detikSumut, Minggu (26/6/2022), Muhadi terpisah dari keluarganya saat pergi ke Negeri Jiran secara ilegal melalui perairan Sumatera tahun 1992 silam. Namun, setibanya di Sumatera, Muhadi malah ditipu oleh sejumlah orang yang mengajaknya dan meninggalkannya di Tanjung Balai.

Muhtadi tidak pernah pulang ke Jatim sejak saat itu lantaran tak tahu cara pulang. Selama 30 tahun itu, Muhadi menjalani hidup dengan mencari nafkah seadanya.

Kisah tentang Muhadi ini akhirnya diketahui oleh seorang personel polisi di Labuhanbatu bernama Aiptu Haris Fadillah. Aiptu Haris Fadillah mengetahui kisah kakek ini dari salah seorang kenalannya yang bekerja di perkebunan tempat kakek Muhadi berada.

Aiptu Haris pun mencoba menghubungi rekannya sesama polisi di Tulungaung. Polisi di Tulungagung berhasil menemukan salah satu anak kake Muhadi. Kini, Kakek itu pun akan dipulangkan ke Tulungagung.

"Perjalanannya pulang ke Jatim akan didampingi oleh seorang personil Labuhanbatu. Tadi di sana kita terpaksa menunggu beberapa jam, karena mencari KTP-nya, sebagai syarat untuk terbang (naik pesawat). Beruntung setelah dibantu berbagai pihak kita bisa dapatkan nomor NIK-nya," jelas Kapolres Labuhanbatu AKBP Anhar Arlia Rangkuti, Sabtu (25/6).

Baca selengkapnya di sini.

(lir/dek)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT