ADVERTISEMENT

3 Langkah Anak Buah Anies Respons Aktifnya Sesar Baribis

Tiara Aliya Azzahra, Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 26 Jun 2022 20:05 WIB
Seismograf, alat pencatat getaran gempa, Ilustrasi gempa bumi
Foto: Ilustrasi seismograf, alat perekam getaran gempa (Robby Bernardi/detikcom)

1. Sosialisasi

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyiapkan sejumlah langkah mitigasi menghadapi ancaman gempa. Salah satunya yakni sosialisasi dan edukasi.

"BPBD Provinsi DKI akan melakukan sosialisasi, memberikan edukasi dalam rangka mitigasi dan kesiapsiagaan menghadapi bencana gempa bumi tersebut untuk masyarakat," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta M Insyaf dalam keterangannya, Minggu (26/6/2022).

Insyaf mengatakan mitigasi ataupun sosialisasi menghadapi bencana gempa bumi diajarkan melalui sekolah-sekolah hingga pemilik bangunan bertingkat di Jakarta. Mengingat, Jakarta masuk ke dalam lintasan Sesar Baribis bersama Purwakarta, Karawang, Bekasi, Tangerang, hingga Banten.

"Seperti yang sudah dilakukan BPBD dalam edukasi kegiatan gempa yaitu kegiatan sekolah/madrasah aman bencana dan sosialisasi kepada pemilik gedung bertingkat di DKI dan sebagainya," ujarnya.

2. Pantau peringatan dini gempa

BPBD juga terus memantau peringatan dini gempa yang dipaparkan oleh BMKG. Nantinya, peringatan dini bakal diteruskan kepada warga Jakarta melalui media sosial milik BPBD.

"BPBD selalu memonitor juga peringatan dini gempa yang disampaikan oleh BMKG untuk disampaikan kembali melalui kanal-kanal media sosial BPBD, seperti website BPBD, Instagram, Twitter, Facebook, dan grup WhatsApp yang beranggotakan pemimpin wilayah dan Dinas Teknis," ujarnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT