ADVERTISEMENT

Jokowi Bertolak ke Eropa, Perang di Ukraina Masih Panas

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 26 Jun 2022 18:18 WIB
Smoke rises after missile strikes, as Russias attack on Ukraine continues, in Kyiv, Ukraine June 5, 2022.  REUTERS/Valentyn Ogirenko
Ilustrasi Kiev yang dibombardir Rusia. (REUTERS/VALENTYN OGIRENKO)

Jokowi Melawat ke Eropa Bawa Misi Perdamaian

Sementara itu, di tengah situasi panas di Kiev, Presiden Jokowi sudah terbang ke Eropa untuk membawa misi perdamaian dunia, yakni menghentikan perang Rusia dan Ukraina.

Pertama, Jokowi akan mengunjungi Jerman dalam rangka menghadiri KTT G7. Indonesia diundang selaku ketua presidensi G20.

"Pagi hari ini saya dan rombongan terbatas akan berangkat untuk berkunjung ke beberapa negara, yang pertama akan ke Jerman, untuk menghadiri KTT G7, di mana kita di sini adalah sebagai partner country dari G7 dan juga diundang untuk menghadiri KTT G7 ini sebagai ketua presidensi G20," kata Jokowi dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (26/6/2022).

Di sana, Jokowi akan mengajak negara-negara G7 untuk mengupayakan perdamaian di Ukraina. Tak hanya itu, Jokowi juga meminta para pemimpin G7 mencari solusi dalam menghadapi krisis pangan dan energi yang tengah melanda dunia.

Jokowi Bertolak ke EropaJokowi Bertolak ke Eropa (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Setelah dari Jerman, Jokowi bertolak ke Ukraina. Di sana, Jokowi akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk membuka dialog perdamaian dengan Rusia.

"Setelah dari Jerman, saya akan mengunjungi Ukraina dan akan bertemu dengan Presiden Zelensky. Misinya adalah mengajak Presiden Ukraina, Presiden Zelensky, untuk membuka ruang dialog dalam rangka perdamaian, untuk membangun perdamaian, karena perang memang harus dihentikan dan juga berkaitan dengan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali," ujar Jokowi.

Selepas itu, Jokowi akan bertemu dengan Vladimir Putin di Rusia. Jokowi akan meminta Putin menghentikan perang dan melakukan gencatan senjata.


(rdp/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT