ADVERTISEMENT

Jalan Bogor-Sukabumi Via Leuwiliang Masih Terputus Gegara Longsor

Solihin - detikNews
Minggu, 26 Jun 2022 15:43 WIB
Longsor bogor
Evakuasi material longsor di Leuwiliang, Bogor, masih terus berlanjut. (Dok. Istimewa)
Bogor -

Longsor yang terjadi di kawasan Cianteun, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, menyebabkan jalan lintas Bogor-Sukabumi via Cianteun, Leuwiliang, terputus. Proses evakuasi material longsor sampai saat ini masih dilakukan agar jalur tersebut bisa dilalui kendaraan.

"Ada 25 titik longsor yang menutup jalan dan sudah 14 titik longsor yang dibuka. Sisanya masih dikerjakan. Untuk desa tidak sepenuhnya terisolir, karena masih bisa dengan berjalan kaki. Jalur (Bogor-Sukabumi) masih tertutup sampai saat ini," ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Aris Nurjatmiko dalam keterangannya, Minggu (26/6/2022).

Sementara itu, Camat Leuwiliang Daswara Sulanjana mengungkapkan, ada 64 titik longsor yang terjadi di Desa Purasari dan kawasan Cianteun, Leuwiliang. Diketahui, jalan terputus memikili panjang 8 kilometer.

"Secara umum, pertama yang terdampak itu adalah Jalur Cianten-Sukabumi. Jjalan) yang terputus itu sepanjang 8 kilometer. Ada 20 titik longsoran besar dan 44 titik longsoran kecil. Jalan putus 2 titik, jembatan putus ada 1," kata Daswara.

Daswara menyebut proses evakuasi material longsor masih terus dilakukan hingga saat ini. Akses kebutuhan bagi warga Cianten dan Kebandungan kini disalurkan melalui jalur Parungkuda.

"Sekarang sedang dikerjakan oleh Cevron dari arah Sukabumi ke Cianten itu 10 titik yang diselesaikan. Kemudian Cianten arah Sukabumi oleh PUPR Kabupaten Bogor sudah 3 titik. Jadi sudah 13 titik yang diselesaikan," terang Daswara.

"Untuk masyarakat Cianten dan Kabandungan itu mungkin sementara kebutuhannya dipenuhi melalui Parungkuda," imbuhnya.

Simak harapan warga di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT