ADVERTISEMENT

Dorong Gibran Maju Pilgub DKI, Prabowo Dinilai Ingin Ulang Jokowi-Ahok

Anggi Muliawati - detikNews
Sabtu, 25 Jun 2022 19:24 WIB
Jakarta -

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyarankan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka maju dalam pemilihan gubernur (pilgub). Dari dukungan itu, Prabowo dinilai ingin mengulang masa Jokowi-Ahok.

"Jangan lupa ada masa ketika 2012 PDIP dan Gerindra mengusung Jokowi-Ahok. Artinya apa? Saya melihat ada memori yang ingin dipulihkan kembali, untuk misalnya mengenang kembali masa-masa koalisi PDIP dan Gerindra," kata Sejarawan Eko Sulistyo dalam acara diskusi total politik, di Jl Warung Jati Timur Raya, Jakarta Selatan, Sabtu (25/6/2022).

"Terus terang sudah masuk masa politik, paling tidak saya punya ingatan di DKI Jakarta ada romantisme politik pada saat pengusungan Jokowi-Ahok," sambungnya.

Menurutnya, dukungan pada Gibran merupakan hal yang biasa sebagai kader dalam partai politik. Namun, yang menjadikan hal itu luar biasa adanya dukungan dari Ketum Gerindra.

"Kalau kemudian sebagai partai poltik yang menjadi kader di situ tentu itu sebetulnya hal yang biasa tetapi karena itu dilakukan oleh ketum itu yang kemudian jadi endorsement yang luar biasa," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Gibran Rakabuming mendapatkan saran dari Prabowo dan Megawati ketika bertemu keduanya secara terpisah. Gibran memang sempat menyambangi kediaman Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (18/6). Kala itu, Prabowo sempat mengajari Gibran berkuda hingga makan siang bersama di kediamannya. Dalam kesempatan itu, Prabowo ternyata sempat menyarankan Gibran maju di Pilgub DKI Jakarta atau Pilgub Jawa Tengah.

"Ada banyak (wejangan), rahasia, tertutup. (Terkait karier politik) ya, pasti, dong," terang Gibran saat ditemui wartawan di GO Sritex Arena, Minggu (19/6).

"Disarankan maju di salah satu provinsi (DKI Jakarta-Jateng). Salah satu (DKI Jakarta atau Jateng), di salah satu provinsi," imbuhnya.

Ternyata sehari sebelum bertemu Prabowo, pada Kamis (17/6), Gibran juga sempat menyambangi Megawati dan Ketua DPR RI Puan Maharani. Pertemuan itu terjadi di kediaman Megawati.

Gibran juga mengakui mendapatkan wejangan dari Megawati. Dia mengaku juga diberi saran yang sama dengan Prabowo oleh Ketum PDIP Megawati dan Puan Maharani.

"(Dapat wejangan dari Puan-Megawati) Mbak Puan dan Bu Mega, sama juga (disarankan maju pilgub)," urai Gibran kepada wartawan saat ditemui di GOR Sritex Arena, Minggu (19/6).

(maa/maa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT