ADVERTISEMENT

PPP Kecam PN Surabaya soal Perizinan Nikah Beda Agama

Atta Kharisma - detikNews
Sabtu, 25 Jun 2022 17:57 WIB
Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Andi Surya Wijaya
Foto: PPP
Jakarta -

Penetapan Pengadilan Negeri (PN) Surabaya yang mengizinkan pernikahan beda agama terus menuai protes dari berbagai kalangan masyarakat. Kali ini, penolakan datang dari pihak Partai Persatuan Pembangunan.

Ketua DPP PPP Andi Surya Wijaya mengungkapkan banyak elemen umat Islam yang mendatangi DPP PPP dan mengecam penetapan tersebut karena dianggap bertentangan dengan Pasal 29 ayat 1 UUD NRI Tahun 1945 dan UU No 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.

Lebih lanjut, Andi mengatakan beberapa sayap partai dan OKP Islam yang berafiliasi dengan PPP akan melakukan uji materi ke Mahkamah Konstitusi terhadap UU Lembaga Peradilan Umum dan UU Kekuasaan Kehakiman yang menjadi payung atau dasar keluarnya penetapan oleh PN Surabaya.

"Melalui LABH DPP PPP kita akan uji materi tersebut. Saya sudah koordinasi dengan Ketua LABH untuk jadi kuasa hukum sayap Partai dari beberapa OKP Islam yang berafiliasi dengan PPP untuk melakukan kajian sekaligus menyiapkan draft Judicial Review ke MK agar Minggu ini segera melakukan langkah hukum ke MK," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/6/2022).

Andi mengatakan PPP memandang sensitif terhadap persoalan hukum yang nilai Islam, terlebih yang menabrak aturan hukum dan budaya ketimuran yang berlaku di Indonesia.

"Ini masalah sensitif, Undang-Undang sudah sangat jelas mengatur tentang perkawinan. Sebab itu kami PPP akan melakukan Judicial Review ke MK," pungkasnya.

Simak juga 'Kala Pernikahan Stafsus Jokowi Ayu Kartika di Mata MUI':

[Gambas:Video 20detik]




(fhs/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT